Bupati Minta Semua Pihak Gotong Royong Percepat Capaian Vaksinasi Covid-19

oleh -57 views

Dharmasraya,–Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar rapat koordinasi percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (10/11/21).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Adlisman, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD, Camat, Kepala Puskesmas dan Wali Nagari se Dharmasraya.

Pada kesempatan itu, bupati mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik dari semua pihak dalam pelaksanaan program vaksinasi. Dimana dari kerjasama itu, capaian vaksinasi di Kabupaten Dharmasraya sudah tembus 50,9 persen.

“Saya apresiasi kerja wali nagari, camat, kapus bersama babinsa dan bhabinkamtibmas, capaian vaksinasi kita sudah lebih 50 persen. Semua sudah bekerja maksimal.

Harusnya capaian ini di pertengahan November, tapi baru tanggal 10 sudah tercapai. Bahkan untuk kabupaten di Sumbar, Dharmasraya sudah nomor 1 untuk capaian vaksinasi. Saya berharap, hingga akhir November ini bisa ditambah 10 persen lagi, jadi 60 persen,” harap bupati.

Bupati memahami kondisi di setiap wilayah berbeda-beda. Ada masyarakat yang mau divaksin, ada pula yang sulit untuk diajak vaksin.

Sehingganya masih ada wilayah-wilayah yang capaian vaksinasinya sangat rendah. Untuk itu, kata bupati, perlu dilakukan strategi agar bagaimana masyarakat mau divaksin, dan herd immunity segera tercapai.

“Paling tidak kita kejar target 60 persen dulu,” tukasnya.

Staregi yang dilakukan kata bupati adalah dengan melakukan pemetaan pada wilayah-wilayah yang capaian vaksinasinya rendah, di bawah 35 persen.

“Kepada camat, tolong ini dikoordinir, rapatkan. Mana yang rendah kita petakan. Datangi. Kita gotong royong, agar bagaimana capaian yang masih rendah itu bisa meningkat.

Kapan perlu saya ikut turun, kita door to door agar warga mau divaksin. Ini sangat butuh kerjasama,” tandasnya.

Bupati juga menginformasikan, bahwa Ahad pekan ini Kapolda Sumbar akan datang untuk memantau pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Dharmasraya.