Empat Walinagari jadi Caleg di Pessel

oleh
Kadis PMD Pessel Hamdi sebut empar walinagari jadi Caleg Pemilu 2019, Kamis 31/1 (foto: facebook @hamdiaje)

Painan,—Pada Pemilu 2019, 17 April mendatang, ternyata di Pesel ada empat walinagari jadi calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan.

“Ke empat orang Walinagari tersebut, yaitu Walinagari Duku, Surantih, Kabang Timur dan Lunang,”ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( PMDP2KB) Hamdi, Kamis 31/1.

Hamdi mengatakan, ke empat walinagari itu telah melampirkan surat peryataan tertulis pengunduran diri sebagai walinagari.

“Sekarang di empat nagari tersebut telah ditunjuk Pelaksana Tugas Walinagari,” ujar Hamdi.

Menurut Undang – Undang
Nomor 6 tentang Desa, Pemilihan Walinagari (Pilwana), dilaksanakan 1 kali dalam 2 tahun, jadi kata Hamdi Pilwana untuk empat nagari tadiĀ  dilaksanakan 2020.

Dua Caleg Dicoret

Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar mengatakan, Komisi Pemilihan Umum Daerah Rakyat ( KPUD) Pessel telah mencoret dua nama calon legislatif.

Keduanya Devit Eza Handra ( PKS) dapil 5 dan Beno Yanelta ( Perindo) dapil 5. Karena caleg tersebut lulus CPNS pada tahun 2018 yang lalu.

” Ya, betul bersangkutan telah disampaikan kepada partai karena lulus CPNS,”ujar Epaldi dan telah dilaporkan ke KPU RI.(gi)