Hebattt… Pemkab Solsel Genggam 6X WTP

oleh -60 views
Mantap Solsel 6 Kali WTP, Yusnadewi pemeriksaan dan hasil. LKPD jauh lebih baik dari daerah lain, Rabu 27/4-2022. (dok)

Padang —- Opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) untuk ke enam kalinya (6X) digenggam Pemkab Solok Selatan (Solsel).

Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) itu diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, Yusnadewi kepada Bupati Solok Selatan H Khairunas disaksikan Wabup H Yulian Efi dan Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan Zigo Rolanda, SE, MM, Inspektur serta Kepala BPKD dan jajaran Kepala Bidang BPKD di Gedung BPK Perwakilan Sumbar, Rabu 27/4-2022.

Solok Selatan berhasil mempertahankan predikat WTP sekaligus untuk  ke-6 kalinya berturut-turut opini WTP diberikan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Adapun beberapa catatan tim pemeriksa BPK atas LKPD Solok Selatan tahun 2021 antara lain kelebihan pembayaran honorarium, volume pekerjaan fisik dan lainnya, namun permasalahan tersebut juga ditemukan hampir pada seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat mengapresiasi Pemkab Solok Selatan, di mana catatan LHP yang diterbitkan termasuk lebih baik.

‘’Catatan dalam LHP atas LKPD Solok Selatan termasuk yang lebih baik di Sumatera Barat,’’ujar Yusnadewi.

Bupati Solok Selatan H Khairunas menyampaikan terima kasih kepada tim pemeriksa BPK atas opini yang telah diberikan.

‘’Kami akan tindaklanjuti beberapa catatan temuan dari BPK dalam LHP tahun 2021, dan untuk temuan tahun sebelumnya yang belum ditindaklanjuti juga akan kami tindaklanjuti,’’ujar Khairunas.

Kepada OPD terkait, Bupati memerintahkan untuk menindaklanjuti hasil temuan dalam LHP ini.

“Selain itu, kepala OPD di Pemkab Solsel untuk lebih memperhatikan regulasi-regulasi terkait pengelolaan keuangan daerah,” ujar Khairunas. (kampai)