Inspektur Padang Pariaman Hendra Aswara monitoring dana nagari anggaran 2022.

oleh -19 views

Padang Pariaman–Sebanyak 103 nagari, akan didatangi oleh Tim Inspektorat untuk memeriksa administrasi kelengkapan dokumen terkait perencanaan, penganggaran, aset dan Badan Usaha Milik Nagari.

Hal tersebut disampaikan Hendra Aswara dihadapan Wali Nagari se-Padang Pariaman di Ruang Rapat Inspektorat, Parit Malintang, Senin (21/11).

“Pelaksanaan monitoring dana nagari dimulai tgl 21 November hingga 15 hari hari kerja ke depan” kata Hendra Aswara.

Adapun tim inspektorat yang akan melakukan monitoring sebanyak 27 orang auditor yang dibagi dalam empat wilayah kabupaten. Hendra meminta perangkat nagari untuk menyiapkan dokumen yang diminta sesuai surat yang telah disampaikan sebelumnya.

“Jadi dalam monitoring dan evaluasi ini, kita akan memeriksa administrasi belanja nagari yang sesuai fakta dan ketentuan yang berlaku” ujar Mantan Kadis Perizinan itu.

Monev ini, tambah Hendra, akan dilakukan juga cek dan ricek ke toko fotocopy atau penyedia lainnya.

Hendra Aswara menambahkan Monitoring ini sebagai bentuk implementasi inovasi BIMASENA atau Bimbingan, Asistensi, Supervisi dan Audit terhadap Dana Nagari yang telah diluncurkan tahun lalu.

Bimasena bertujuan untuk mendeteksi dini dalam tata kelola dana nagari.
Tujuannya agar dana nagari betul-betul dapat dinikmati dan bermanfaat dalam menunjang perekonomian masyarakat.

Ketua Forum Wali Nagari Hilman apresiasi pembinaan yang dilakukan Inspektorat yang mengutamakan pencegahan dan mendeteksi dini jika ada penyimpangan.

“Kami Wali Nagari ini berasal dari bermacam latar belakang yang berbeda. Sehingga perlu pembinaan dalam tata kelola dana nagari” kata Hilman.

Ia berharap Bimasena dapat dilakukan setiap tahunnya agar dana nagari yang dibelanjakan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(**)