Kerennn….. Kota Solok Kembali Raih Piala Adipura Untuk Kesekian Kalinya

oleh -727 views
oleh
727 views

Kota Solok, — Untuk kesekian kalinya Kota Solok meraih Piala Adipura kategori Kota Kecil, setelah sempat terhenti karena pandemi Covid19 yang melanda Indonesia bahkan Dunia beberapa waktu yang lalu.

enghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar, dan diterima langsung oleh Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar pada Selasa 5/3-2024 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

Penilaian Adipura tahun ini dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI terhadap 259 Kabupaten/Kota dari total 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Turut mendampingi Walikota Solok, dalam acara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok, Edrizal, beserta jajarannya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar menyampaikan Indikator penilaian Adipura tidak hanya fokus pada penanganan sampah saja.

“Kriteria penilaian Adipura ini tidak hanya fokus pada penanganan sampah saja, tetapi juga bagaimana setiap daerah fokus mengurangi sampah dari sumbernya, mencakup proses pemilahan, pendaur ulangan, dan penanganan sampah di TPA,” kata Siti Nurbaya pada acara itu.

Pada kesempatan tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, menyerahkan penghargaan Adipura Kencana 2023 kepada lima Kabupaten/Kota yaitu Kota Balikpapan, Surabaya, Bontang, Bitung, dan Kabupaten Ciamis yang memperlihatkan kinerja baik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, juga memberikan penghargaan Anugerah Adipura kepada 106 Kabupaten/Kota yang mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada 2023, salah satunya adalah Kota Solok. (romi)