Mendagri Lantik Hamdhani sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Barat

oleh -253 views
Mendagri Tito Karnavian lantik PJ Gubernur, Hamdani dilantik sebagai Pejabat Gubernuran Sumbar, Kamis 18/2 (foto: dok/blp)

Jakarta,—Menteri Dalam Negeri Prof.Dr. Muhammad Tito Karnavian, Kamis 18/2 melantik dan mengambil sumpah jabatan Penjabat Gubernur Sumatera Barat Hamdhani di Ruang Sasana Praja Bhakti Komplek Kementrian Dalam Negeri Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta.

Pelantikan yang diberlangsung khidmat tersebut dihadiri oleh pejabat Eselon I di lingkungan Kemendagri. Sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Sumbar, Drs. Hamdhani menjabat sebagai Staf Ahli Mendagri bidang perekonomian dan juga Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal Kemendagri.

Dilantiknya penjabat Gubernur Sumbar itu dilakukan usai Mahkamah Konstitusi tidak menerima permohonan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sumbar yaitu psangan Mulyadi-Ali Mukhni dan pasangan Nasrul Abit-Indra Catri.

Dalam amar putusannya, Mahkamah Konstitusi menolak permohonan penyelesaian sangketa hasil Pilkada Sumbar karena kedua pemohon tidak memiliki kedudukan hukum.

Kepada Penjabat Gubernur yang dilantik, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berpesan agar dalam melaksanakan tugas dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik.

“Tantangan yang akan dihadapi oleh Penjabat Gubernur sangat berat dan besar. Karena itu, jalani dituntut untuk bersungguh sungguh menjalankan tugas dan fungsi selama masa transisi,” ujarnya.

Mantan Kapolri itu juga menyebutkan di daerah pasca pelaksanaan Pilkada, dinamika politik sangat beragam dan dinamis. Karena itu setiap keadaan di daerah harus dimonitor setiap hari dan dikomunikasikan dengan kementrian.

“Dinamika ini harus dihadapi dan dimonitor setiap detik, jadi kepada para Penjabat Kepala Daerah harus menyadari bahwa hitungannya bukan hari atau bahkan minggu, tapi detik per detik,”ujar Tito.

Mendagri juga mengingatkan bahwa pejabat yang dilantik harus menjalankan tugas dengan netral dan tidak terlibat dalam kubu kubuan di daerah. Justru seharusnya para penjabat yang mengemban amanah harus mampu menciptakan situasi yang kondunsif.

“Rekan rekan adalah birokrat senior dan politisi, maka bekerjalah sebaik mungkin, ciptakan situasi yang kondunsif dan himbau dan pastikan semua elemen masyarakat mematuhi protokol kesehatan,”ujar Tito.

Hari ini informasinya PJ Gubernur Sumbar Hamdani, malam nanti langsung bekerja, dengan melakukan pertemuan di Auditorium Gubernuran Sumbar. (ril/blp)