Mendes Eko Rasakan Semangat Walinagari Bangun Indonesia dari Pinggiran

oleh -616 views
Mendes PTT Eko Putro Sandjojo buka Expo BUMDes Nusantara 2017 di Bukittinggi. (foto: febby)
*Walinagari Deklarasikan Piagam Bukittinggi”
Mendes PTT Eko Putro Sandjojo buka Expo BUMDes Nusantara 2017 di Bukittinggi. (foto: febby)

Bukittinggi,—Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo menyampaikan terimakasih kepada Forum Walinagari se Sumatera Barat atas berlangsung sukses Ekpo Bumdes Nusantara 2017 yang berlangsung 13 dan 14 Mei yang lalu di Bukittinggi.

“Ketika kami bertemu dengan hampir seluruh walinagari di Sumatera Barat dalam pertemuan Workshop BUMDes, saya dapat melihat dan merasakan semangat yang luar biasa dari para Walinagari untuk membangun desa atau nagarinya menuju masyarakat Indonesia adil dan sejahtera dengan pemerataan pembangunan yang kita mulai dari pinggiran”, ujar Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo sesaat seusai meresmikan pembukaan expo tersebut, Sabtu lalu.
Pada kesempatan itu, walinagari yang terhimpun dalam wadah Forum walinagari Sumatera Barat memaklumatkan  dalam pandangan yang jelas dan terang tekad untuk berjihad membangun nagari atau desa dengan hati, pikiran,gagasan dan perbuatan untuk melepaskan diri dari jerat kemiskinan yang selama ini identik dengan desa atau nagari di Sumbar.
Mendes PTT Eko Putro Sandjojo jadi pembicara pada dialog dengan walinagari dan kepala desa pada Expo BUMDes Nusantara 2017 di Kota Bukittinggi. (foto: febby)

Maklumat itu ditasbihkan “Piagam Bukittinggi” yang berisi beberapa poin untuk melakukan percepatan pembangunan Indonesia yang dimulai dari desa. Piagam itu menyadari, kekuatan desa adalah kekuatan bangsa. Harga diri dan martabat masyarakat desa adalah marwah bangsa.

“Piagam Bukittinggi adalah cermin kebajikan buah pikir yang lahir dari hati yang tulus. Bukankah, segala kebaikan bermula dari hulu yang bertelaga niat yang jernih,”ujar salah satu inisiator Piagam Bukittinggi Febby Dt Bangso Nan Putih.
Menyikapi intisari tekad tertuang di Piagam Bukittinggi, Mendes Eko sangat mengapresiasi sekali.
“Saya mengapresiasi sikap dan kebulatan tekad dari para Pak Walinagari di Sumbar khususnya dan para kepala desa se Indonesia umumnya”, ujar Eko.
Mendes PTT Eko enjoy di Bukittinggi di sela-sela Expo BUMDes Nusantara 2017. (foto: febby)

Eko sangat enjoy berada di arena expo BUMDes apalagi saat menyaksikan arena expo dipenuhi berbagai kalangan masyarakat.

dan organisasi kemasyarakatan serta elemen masyarakat lainnya yang sangat peduli pada percepatan desa membangun menuju Indonesia kian jaya.
Kata Eko kepada media in mewujudkan desa mandiri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) mengagendakan empat porgram unggulan atau  prioritas Kemendesa PDTT.
Keempat agenda tersebut kata Eko, pertama dengan mengarahkan dana desa untuk membangun keunggulan dari masing-masing desa di Indonesia yang berjumlah sebanyak 74.954.
“Kedua,  mendorong pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) yang sudah seharusnya menjadi pilar penting bagi perekonomian masyarakat di tingkat desa atau nagari,”ujarnya.
Ketiga adalah dengan mendorong terbangunnya embung-embung desa atau sebuah waduk berukuran kecil pada lokasi pertanian yang bertujuan untuk menampung kelebihan air hujan di musim penghujan dan pemanfaatannya pada musim kemarau untuk berbagai keperluan baik di bidang pertanian maupun kepentingan masyarakat.
“Dan keempat, mendorong setiap desa memiliki sarana olahraga agar para pemuda-pemuda yang ada di pedesaan dapat berekpresi dan beraktualisasi. Bagi desa/nagari yang sukses melaksanakan empat prgram unggulan tersebut maka anggaran dana desanya akan ditambah 100 oersen,”ujar Eko Putro Sandjojo.
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo yang juga ditunjuk Presiden Jokowi sebagai mediator Forum Bisnis Indonesia-Malaysia itu juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Danrem 032 Wirabraja/Sumbar atas kerjasama dalam pelaksanaan untuk sukses Expo Bumdes Nusantara 2017 yang juga melalui babinsa juga ikut bersama para walinagari dan kepala desa menginspirasi dan memotivasi  masyarakat untuk melakukan percepatan pembangunan di desa-desa atau di nagari-nagari.
“Tak bisa dipungkiri Expo Bumdes Nusantara 2017 ini adalah sebagai bukti atas betapa kreatifnya masyarakat Sumatera Barat yang memiliki cita rasa yang bagus. Dan ini, expo di Bukittinggi akan menjadi expo percontohan bagi expo-expo lain di Indonesia yang menyangkut pameran yang berbau desa membangun,”ungkap Eko yang juga menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Sumbar, dan khususnya Walikota Bukittinggi serta sejumlah media pers terbitan daerah ini dan nasional.
“Juga terimakasih pada Rektor UNP Pak Ganefri yang telah ikut menyemangati dan memotivasi para walinagari untuk membangun nagarinya, terutama melalui program apa yang kita sebut dengan Pertides atau Forum Perguruan Tinggi untuk Desa,” ujar Mendesa PDTT Eko.
Expo BUMDes Nusantara di Bukittinggi adalah sebuah media sebagai kaca yang mencerminkan wajah desa membangun dalam semangat cinta bangsa. Ini expo sarat kegiatan yang menginspirasi. Mulai dari pemberian penghargaan kepada desa-desa terbaik di Indonesia, sampai Tour De BUMDes yang merupakan cermin perpaduan pembangunan desa dalam zona wisata da olahraga, hingga memberikan hiburan pentas seni.
“Saya sangat optimis percepatan pembangunan di Sumatera Barat akan benar-benar bermula dari nagari,”ujarnya. (wandi)