Nagari Panampuang Jadi Sasaran Studi Banding

oleh -266 views
Camat dan perangkat nagasi se Kecamatan Sijunjung studi banding ke Nagari Panampuang Agam, Kamis 19/12 (foto: dok)

Agam,—Tertarik dengan inovasi yang dibuat dan dilaksanakan Nagari Panampuang, dampaknya nagari itu telah menjadi sasaran studi banding daerah lain.

Kemarin, Kamis 19/12 Nagari Panampuang dikunjungi Camat dan Walinagari se Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjuang. Rombongan yang dipimpin Camat Sijunjuang itu membawa seluruh Walinagari yang ada di Kecamatan Sijunjuang, Tim Pelaksana Inovasi Kecamatan (TPID), Pendamping Desa dan tidak lupa juga Tenaga Ahli Ekonomi P3MD Kementerian Desa yang ditugaskan di Kabupaten Sijunjuang.

Rombongan Studi Banding ini disambut oleh Walinagari Panampuang, Kasi. Pemerintahan Kecamatan Ampek Angkek, Ketua LPMN, Ketua BUMNag Panampuang Saiyo dan Pengurus Tim Pengelola Kegiatan Kemitraan Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID PEL) Nagari Panampuang di Galeri Pinjaik Patah BUMNag Panampuang Saiyo.

Camat Sijunjung, Khalfian, menyampaikan maksud dan tujuan studi banding untuk menggali replikasi Inovasi Desa (RID) untuk Kecamatan Sijunjung.

“Sekaligus kami ingin belajar ke Nagari Panampuang yang telah sukses dalam menjalankan program pemberdayaan sekaligus membuat inovasi lewat potensi ekonomi lokal dengan icon Pinjaik Patah, kami membawa Walinagari dan TPID Kecamatan supaya dapat mengaplikasikan apa yang telah dilaksanakan di Nagari Panampuang,”ujar Khalifian.

Walinagari Panampuang Zulhendra, S.HI pada eksposnya menyampaikan paparan tentang program dan inovasi yang telah dilakukan Nagari Panampuang sehingga bisa terlaksana seperti sekarang.

Diakhir pertemuan, rombongan diperlihatkan cara menyulam sulaman Tarawang Pinjaik Patah oleh ibuk ibuk pengrajin sulaman di Nagari Panampuang.(rilis: pemnag)