Orang Minang jadi Korban dan Terancam Rusuh Wamena, Wagub tak Tinggal Diam

oleh -541 views
Wagub Sumbar Nasrul Abit di Sentani mengunjungi perantau minang yang ulah rusuh Wamena jadi korban dan terancam, Sabtu 28/9 (foto:.dok/jsm)

Papua,—Nestapa anak minang di perantauan, rusuh Wamena Papua telah menghilangkan saktinya kata ‘Dima Bumi Dipijak, Disitu Laingik Dijunjuang‘ selama ini menjadikan perantau Minang dapat diterima di berbagai daerah bahkan belahan dunia sekali pun.

Rusuh Wamena dari berbagai media membuat minang di ranah prihatin dan tidak percaya, pasalnya Rantau Papua tak barang baru bagi anak minang, namun dampak kerusuhan banyak perantau minang berkalang nyawa, membuat Wakil Gubernur (Wagub0 Sumbar Nasrul Abit tak tinggal diam.

Hari ini Nasrul Abit ketemu Wakapolda Papua, Danrem, Pemkab Jayapura di Sentani, juga ketemu pengurus IKM Jayapura dan masyarakat Minang di Wamena yang mengungsi ke Sentani Jayapura

“Hari pertama sampai di Papua, saya harus memastikan informasi yang sebelum ini didapat, termasuk mengunjungi pengungsi Wamena di Sentani,”ujar Wagub Nasrul Abit lewat live report via chatnya diterima Kepala Biro Humas Sumbar Jasman Rizal, Sabtu 28/9.

Wagup Nasrul Abit bersama orang minang yang kini mengungsi ke Sentani dampak rusuh Wamena, Sabtu 28/9 (foto: dok/jsm)

Menurut Wagup informasi ada perantau Minang memprihatinkan di daerah Wamena sudah didapatnya.

“Besok sedang diusahakan ke Wamena dengan Hercules mudah-mudahaan bisa ketemu Bupati Wamena/Pemkab Wamena,”ujar Nasrul Abit.

Dari pertemuan dengan warga minang di Papua memang kondusi belum sepenuhnya kondusif.

“Masyarakat Minang kita di Papua, khusus yang masih dipengungsian masih inginkan pulang ke Padang, tapi ada.juga yang masih ingin bertahan di Papua,”ujar mantan Bupati Pessel dua periode ini.

Namun yang membuat Wagup Sumbar tersedak begitu tahu ada orang kampungnya yang sudah puluhan tahun merantau, dampak rusuh, kini tak punya apa-apa lagi.

“Saya sudah minta data mana yang ingin tetap di Papua, siapa yang mau pulang ke Padang Mudah-mudahan data ini besok diperoleh setelah kunjungan ke Wamena,”ujarnya.

Sementara sejak dua atau tiga hari lalu rekening peduli sesama sudah diterbitkan oleh Dispora Sumbar.

“Rekeningnya di Bank Nagari aksi penggalangan dana kepedulian untuk orang minang di Papua, ini dilakukan atas arahan pak gubernur dan pak Wagub,”ujar Kabiro Humas Pemprov Sumbar Jasman. (own/liverepoert)