Selamat Bro Ajo, Sukri Umar Bagala Dt Pado Basa

oleh -82 views
Selamat dna Sukses atas jadi datuknya Sukri Umar yang akan dilewakan galanya Minggu 13/6-2021. (foto: dok)

Padang,— “Selamat brojo (bro ajo) Sukri,” itulah ungkapan owner media ini Adrian, ketika diundamg menghadiri hajatan tokoh muda pers Sumbar ini beberapa hari lalu.

Emang begitu, karena  Insya Allah Minggu 13 Juni 2021, menjadi puncak rangkaian acara adat malewakan gala Datuk (Dt) Pado Basa, Suku Jambak Kenagarian Lubuk Alung kepada Sukri Umar.

Acara prosesi batagak gala tetsebut dilaksanakan di Korong Ganting Nagari Lubuk Alung, tak jauh dari Stadion Utama Sumatera Barat.

Ketua KAN Lubuk Alung Eri Dt Batuah menjelaskan, secara kelembagaan malewakan gala Dt Pado Basa sudah dilegalisasi melalui rekomendasi KAN serta pemberitahuan pengangkatan penghulu beserta perangkatnya pada pihak terkait, termasuk kepolisisan. Surat tersebut secara syah dikeluarkan sesuai tatanan di kerapatan, yakni melalui sidang dengan perangkat yang akan dilewakan. KAN telah mengeluarkan surat No 018 tahun 2021.

“Atas nama ketapatan adat kami mengucapkan selamat memangku amanah sebagai penghulu dan akan dilewakan di labuah nan rami. Kami niniak mamak berharap agar dengan dilewakan gala, kok putiak ka manjadi buah agar Sukri Umar Dt Pado Basa menambah kebaikan bagi niniak mamak yang ada saat ini,” ulasnya.

Pucuak Adat Suku Jambak, Hari Subrata Dt Rangkayo Basa menyebutkan, gelar Dt Pado Basa diamanahkan oleh kaum karih sabilah payuang sakaki Dt Pado Basa, kepada Sukri Umar karena datuk sebelumnya Suharman Dt Pado Basa meninggal empat tahun lalu.

“Almarhum pernah menjabat Ketua KAN, meninggal Januari 2017. Namun kesepakatan kaum, gala tersebut sempat diparambunkan, dan kini Alhamdulillah akan segera dilewakan di labuah nan rami. Sebelumnya, sesuai warih nan bajawek dilaksanakan padu pusako atau sumbek labu sebagai keabsahan secara kaum dan niniak mamak dalam suku plus singok bagisie akhir 2020 lalu,” ujar Dt Rangkayo Basa.

Sebagai jurnalis yang sudah puluhan tahun mengabdi di Padang Ekspres, Sukri yang juga wakil sekretaris PWI Sumbar sudah melalui sejumlah jabatan strategis sebagai pimpinan media Padang Ekspres Grup. Baik redaksi maupun usaha. Pernah menjabat Pemred Padang Ekspres dan Posmetro Padang, menjabat GM Posmetro dan Wakil GM Padang Ekspres serta lima tahun diamanahkan sebagai direktur.

“Banyak bajalan banyak diliek, lamo iduik banyak diraso. Mudah mudahan banyak atau sedikit pengalaman yang ada bisa bermanfaat dalam mengemban amanah kaum. Apalagi daam kondisi sekarang, perlu penguatan penguatan elemen yang ada: baik niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai untuk berkolaborasi dan bahu membahu dengan pengambil kebijakan. Peran ninik mamak itu masih sangat strategis di Minang, tinggal bagaimana memerankannya dengan baik,” ujar anggota Dewan Pendidikan Sumbar ini.

Menurut wartawan yang master kebijakan publik ini, Lubuk Alung secara kenagaraian menjadi wilayah strategis dalam pembangunan Padang Pariaman bahkan Sumatera Barat. Selain adanya Stadion Utama Sumbar, akses jalan lingkar dan tol serta perencanaan kawasan food estate, wilayah bagian timurnya sangat potensial untuk wisata alam dan budaya. Kekompakan dan peran niniak mamak sangatkah penting, tak terlepas dari anak dipangku kamanakan dibimbiang, tenggang nagari ndak dilupokan, tenggang sarato jo adaiknyo.

“Inti dari tugas niniak mamak tersebut, mengamankan keluarga, membimbing sanak kamanakan dan memberikan peran dalam masyarakat dalam balutab adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Selebihnya adalah penjabaran dan pernak perniknnya,” ulas Sukri.

Untuk acara puncak batagak gala, Sukri Umar memberi kesempatan pada teman yang punya biro perjalanan di Pekanbaru yang ingin membawa rombongan wisatawan ikut menyaksikan acara adat batagak gala, termasuk makan bajamba dan rangkaian acaranya.

“Ini kesempatan bagi kita untuk mempromosikan budaya untuk tujuan wisata,” ujar Ketua LPM Lubuk Alung ini.

Terkait persiapan acara menurutnya, kepanitiaan sudah hampir merampungkan termasuk menyebar undangan.

“Mangawuik ndak sakali kameh, pangana ndak sakali tumbuah. Kami mohon maaf kalau ada dunsanak dan sahabat yang belum sampai atau belum disampaikan undangan. Mohon kiranya melalui ini kami ulas, dengan kerendahan hati untuk menghadiri dan memberi doa atas batagak gala kami,” ulasnya.

Sejumlah rekan sejawat dari pemegang kartu wartawan utama ini memberikan ucapan selamat dan sekaligus memberikan doa agar Sukri Umar bisa menjalankan amanah dengan baik.(own/rilis)