Semarak Dan Meriah PRV 2018 DKV UNP Ciptakan Inovasi

oleh
Meriah event tahunan mahasiswa DKV UNP.

Padang – Semarak dan Meriah, Ratusan Pengunjung dan Mahasiswa Se-Sumatera Barat datang dan ramaikan Event Pekan Raya Visual (PRV) tempatnya ajang Kreasi, inovasi serta inspirasi bagi para Kawula Muda yang digelar oleh Mahasiswa Disain Komunikasi dan Visual (DKV) Universitas Negeri Padang (UNP) 5-6 Oktober /2018 di Taman Budaya, Padang.

Event tahunan dari Mahasiswa DKV UNP ini menjadi ajang kemampuan sekaligus tempat mengekspos hasil karya para Mahasiswa prodi DKV antara lain, Jurusan Seni Rupa dan Fakultas Bahasa dan Seni.

Menurut Dr.Syafwandi M.sn salah seorang Dosen pembimbing digelaran PRV tersebut ajang ini telah dilakukan Mahasiswa DKV dari tahun 2006 dimana saat itu diberi nama Masih bernama “Deskompeace”.

Dan barulah ditahun 2013 setelah dilakukan Rapat bersama dengan angkatan mahasiswa disepakati, berganti nama menjadi Pekan Raya Visual, sehingga menjadi ajang tahunan dari 2016 hingga kini.

“kita mencoba beri pemahaman dan menanamkan pola pikir pada mahasiswa, bahwa saat ini kita bercerita bukan tentang bagaimana bisa menguasai ilmu tapi bagaimana mampu menciptakan inovasi dari ilmu tersebut” terang Syafwandi.

Dalam Gelaran PRV 2018 ini tak lepas dari suksesnya program gelaran tahun-tahun sebelumnya yang mendapat sambutan baik juga Suport dari para Dosen DKV, Mahasiswa, dan perguruan tinggi se-Sumbar, serta dari masyarakat Kota Padang, tentunya dengan kualitas dan Variasi yang berbeda.

Gelaran Event kali ini Panitia yang terdiri dari Mahasiswa DKV sendiri mengangkat tema “konstribusi Desain Komunikasi Visual terhadap khalayak” dimana dalam dunia desain, suatu karya yang dipergunakan untuk bisa mempengaruhi publik yang memiliki dampak positif dan negatif.

Artinya dampak dari karya
desain ditentukan oleh desainernya sendiri, bagaimana efek positif dari karya desain yang baik, maupun efek negatif dari karya yang tidak didesain dengan baik pula Seperti Kata “Efek” yang memiliki arti akibat dan pengaruh.

Sementara Ketua Panitia PRV 2018, Stevan mengatakan, tujuan gelaran, selain silaturahmi antar Mahasiswa juga memperkenalkan hasil karya dan menjadi ajang kemampuan bagi mahasiswa DKV Sendiri untuk ditunjukkan pada Masyarakat.

“Untuk karya yang dipamerkan antara lain sebanyak 40 karya cetak dan 30 karya Visual” Katamya.

Stevan juga menambahkan sasaran yang dituju dalam gelaran tersebut selain dari mahasiswa sendiri juga menyasar kepada pelajar baik SMA atau SMK yang berminat di dunia desain komunikasi visual, masyarakat Umum dan pelaku bisnis kecil hingga menengah keatas. Kata Dia.

Yang membuat semakin menariknya helatan kegiatan PRV Prodi Desain Komunikasi Visual tahun 2018 ini ada berbagai macam acara Seperti, Bazaar Art market, Bedah Visual UKM, Workshop, Seminar, Karya Be dan diisi dengan Juara Kompetisi band lokal gawenya kawula muda.

PRV semakin ramai dengan adanya Puluhan booth atau stan berjajar yang diisi dengan berbagai karya mahasiswa se-Sumbar juga para UKM dan Masyarakat Umum yang bekerja sama denga DKV untuk memasarkan Produknya.

Dikatakan stevan lagi, PRV ini sebenarnya puncak hari terakhir dalam bentuk kegiatan dimana sebenarnya acara digelar selama sepekan dan dibagi dua dan dilakukan ditempat terpisah, di Campus, Cafe, dan tempat lainya bertujuan mempromosikan acara puncak tersebut. Ungkapnya.

Sebelumnya telah dimulai Lomba melalui instagram,
Kompetisi band lokal, Ngopi bareng dan Pawai kampus yang digelar di Gor Agussalim Padang, Semua pemenang diumumkan pada puncak acara

Diakhir acara Karya Bersama
Pada sesi ini diisi dengan mengambar diatas punggung teman untuk peserta.

“Acara dibuat seperti melingkar kecil sampai lingkaran besar. Di acara ini semua pengunjung bebas menuangkan kreasi pada baju tersebut, Kata Stevan. (*rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *