2023 UNP Terima 10.115 Mahasiswa Baru, Prof Ganefri : UNP Terima Banyak Mahasiswa Karena Prodi nya Juga Banyak

oleh -259 views
oleh
259 views
Rektor UNP, Prof Ganefri didampingi WR 1 Refnaldi dan Kepala Humas, Oki Trinand saat memberkan keterangan Jumpa Pers di Ruang Sidang Rektorat, Sabtu (25/2). (doc)
Rektor UNP, Prof Ganefri didampingi WR 1 Refnaldi dan Kepala Humas, Oki Trinand saat memberkan keterangan Jumpa Pers di Ruang Sidang Rektorat, Sabtu (25/2). (doc)

Padang–Universitas Negeri Padang (UNP) gelar jumpa pers terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru. Rektor UNP Prof. Ganefri. Ph.D  yang juga Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) menyebutkan tahun ini UNP akan menerima 10.115 mahasiswa baru untuk 82 Prodi.

Rektor juga sempat menjelaskan beberapa waktu lalu sempat ada persoalan terkait pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNPB) di beberapa sekolah.

” Ada beberapa sekolah yang tidak bisa mendaftarkan siswa nya melalui jalur ini karena kelalaian sekolah yang tidak memasukan data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) terkait kurikulum dan profil sekolahnya dan siswanya, dan ada 2000 sekolah di Indonesia yang tidak bisa ikut SNPB.” ujar Rektor di ruang sidang rektorat, Sabtu (25/2).

Selanjutnya Rektor menambahkan ada 2  prodi baru yang belum ikut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB)tahun 2023 ini yaitu Prodi Kedokteran dan Keperawatan, karena masih dalam proses  pengembangan.

Wakil Rektor 1 bidang akademik UNP , Dr. Refnaldi yang juga ketua penerimaan mahasiswa baru menuturkan prodi yang paling banyak peminatnya di UNP adalah PGSD.

” Ada sekitar 1000 peminat untuk prodi PGSD ini dan Prodi Manajemen juga tinggi peminatnya sehingga tingkat persaingan nya juga tinggi” tutur Dr. Refnaldi.

Untuk jadwal penerimaan seleksi mahasiswa jalur SNBP atau jalur rapor saat ini sudah berjalan sampai tanggal 28 Februari dan pengumuman hasil SNBP akan diumumkna pada tanggal 28 Maret 2023.

Terakhir Kepala Humas UNP, Oki Trinanda menambahkan bahwa semua prodi di UNP sudah banyak terakreditasi Internasional yaitu akreditasi A.

” Akreditasi Internasional itu berasal dari Jerman yakni ASIIN  lalu dari Asean University  Network, UN-QA dan AQAS. Lalu ada 28 Prodi yang termasuk kelas internasional, dimana dalam prodi ini diwajibkan berbahasa inggris dalam proses perkuliahannya. Mahasiswa nya juga berasal dari berbagai negara seperti dari negara Kamboja, Malaysia dan negara- negara Asia.” Ucap Oki.

Ia juga menyebut semua mahasiswa beepeluang dan diprioritaskan ikut program International Students Mobility Award (ISMA) yang mana tahun ini ada yang berangkat ke negara Cheko, Malaysia, Amerika dan Selandia Baru. (monsis)