Percaya Pada Potensi UNAND, Camat Lubuk Begalung Dukung Total Kegiatan MBKM FMIPA di Bukit Nobita

oleh -406 views
oleh
406 views
Camat Lubuk Begalung Hariza Syafani smabut mahasiswa MBKM UNAND, dan optimis UNAND angkat potensi bukit Nobita. (dok)

Oleh: Mahasiswa MBKM Budidaya Lebah Madu Bukit Nobita

CAMAT Lubuk Begalung, Heriza Syafani, S.STP, M.PA. menyampaikan optimisme dan dukungan yang tinggi pada program penyelenggararaan Mahasiswa Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di wilayahnya terutama di Kelurahan Kampung Jua Nan XX yang akan diselenggarakan selama satu semester pembelajaran.

Melalui kegiatan yang akan diikuti 21 orang mahasiswa FMIPA ini, Camat Lubuk Begalung berharap adanya kontribusi mahasiswa FMIPA Universitas Andalas berbagai bidang dan utamanya mengangkat potensi daerah ekowisata Bukit Nobita akan berpengaruh positif terhadap berbagai aspek, utamanya bagi geliat perekonomian, ilmu pengetahuan dan potensi budaya dengan kearifan lokal.

Harapan tersebut disampaikan Camat Berprestasi Kota Padang ini pada Rabu, 31 Agustus 2022 lalu, bertepatan saat Camat Heriza Syafani menerima penyerahan Mahasiswa Peserat MBKM dari Wakil Dekan 1 FMIPA UNAND Dr. Mahdhivan Syafwan kepada Camat Lubuk begalung dan Lurah Kampung Jua Nan XX, Yuliar S. Sos, MM, bertempat di Aula Kantor Camat Lubuk Begalung.

Pada acara ini, selain dihadiri Camat, Lurah dan tokoh Masyarakat, hadir juga dosen pembimbing MBKM Mahasiswa mewaliki pembimbing dari Jurusan Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika di FMIPA , serta serta Karang Taruna Kelurahan Kampung Jua Nan XX.

MBKM merupakan program belajar yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas Mahasiswa di luar kelas serta membantu mahasiswa dalam menambah pengalaman serta wawasan yang berguna untuk berkiprah di masyarakat.

Terdapat beberapa program pada kegiatan MBKM ini, antara lain Magang bersertifikat, Asistensi Mengajar, Pertukaran Mahasiswa, serta Membangun Desa. Kegiatan Membangun Desa ini sekaligus juga merupakan pengabdian Mahasiswa dan Dosen terhadap masyarakat.

Kelurahan Kampung Jua XX memiliki potensi besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis pariwisata melalui Padang City Light View yaitu pemandangan Kota Padang dari ketinggian yang dikenal dengan “Bukit Nobita”.

Nama bukit yang menampilkan panorama indah Kota Padang ini terinspirasi dari salah satu tokoh di film kartun Doraemon. Hal ini dikarenakan panorama yang ditampilkan bukit Nobita mirip seperti bukit di belakang sekolah pada serial animasi Nobita terkenal dari Negara Matahari Terbit tersebut.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian yang akan dilakukan di kawasan Bukit Nobita dan sekitarnya akan dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan sosialisasi, pelatihan, edukasi, penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat secara berkelanjutan dari Mahasiswa dan Dosen Pembimbing MBKM melalui program yang akan berjalan selama 1 semester perkuliahan.

Seluruh kegiatan tersebut diharapkan dapat memperkuat pengelolaan Bukit Nobita menjadi Taman Wisata Sains Bukit Nobita yang ditargetkan menjadi salah satu destinasi Ekowisata Unggulan di Kota Padang dan Sumatera Barat. (analisa)