Kemendesa PDTT Dorong BUMNag Tumbuh di Sumbar

oleh -640 views
Sekjend Kemendesa PDTT Anwar Sanusi kokretkan kerjasama Kemendesa dengan Pertides, Kamis 13/4 (foto: google/duajurai.co)

Jakarta,—Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) pastikan pihaknya komit dan konsisten mendorong tumbuhnya Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Sumbar.

Hal itu diungkapkan langsung Sekjend Kemendesa PDTT Anwar Sanusi kepada Ketua Forum BUMDes Indonesia yang juga putera Sumbar H Febby Dt Bangso.

“Sehingga itu saya mengingatkan seluruh Walinagari di Sumbar agar tidak separuh hati mendorong dan menggunakan dana desanya untuk modal BUMDes atau BUMNag namanya di Sumbar,”ujar Anwar Sanusi.

Apalagi BUMDes ini merupakan salah satu dari empat program prioritas Kementrian Desa PDTT selain Prukades Embung, dan Sarana Olahraga Desa

H Febby Dt Bangso menegaskan Kesungguhan Kemendesa PDTT untuk mendorong BUMNag di Sumbar tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan sudah dilaksanakan aksi penguatan BUMNag bersama Direktorat PUED yak Expo BUMDes Nusantara pertama dilaksnaakan di Bukittinggi tahun 2017 lalu.

“Juga digelar pelatihan Institute Manajemen BUMDes Nusantara (IMBN) Angkatan I pesertanya semuanya dari Sumbar yang mana program ini kerjasama Kemendes PDTT , BNI Corporate University dan Forum BUMDes Indonesia.

“Jadi tidak ada alasan BUMNag tidak maju, malah sudah seharusnya pertumbuhan BUMNag di Sumbar ini harus menjadi yang pertama, mengingat banyak SDM dikita di Sumbar yang sudah memiliki jiwa sosio-enterpreneurship dan ini sudah memenuhi persyaratan awal untuk majunya  semua BUMNag di Sumbar,”ujar Febby.

Bahkan pada pelatihan institute management BUMDes Nusantara, kata Febby peserta tidak hanya belajar dan dilatih oleh praktisi BUMDes, tapi juga mendapat pembekalan tata kelola administrasi dan keuangan BUMDes dari BNI sekaligus study banding pada BUMDes  inspirasi yang maju dan sukses sepertu di Klaten, Panggung Harjo Jogja dan Jawa Tengah.

“Pada moment ini kami ingin memberikan keyakinan bahwa pengelolaan BUMNag di Sumbar  juga bisa,”ujar Febby.

Lalu, kata Febby, saat kunjungan Mendesa PDTT Eko Putro Sandjojo ke Sumbar, waktu  peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan Penyerahan Transparansi Dana Desa Award, saat itu Febby Dt Bangso selaku Ketua Forum Bumdes Indonesia meminta ke Mendesa PDTT agar pelaksanaan IMBN Angkatan I tahun 2018 pesertanya juga dari Sumbar.

Ketua Forum BUMDes Indonesia H Febby Dt Bangso, dukungan Kemendesa buat BUMNag di Sumbar tidak perlu disanksikan. (foto: dok)

“Allhamdulillah Pak Menteri menyetujui permintaan saya itu,”ujar Febby.

Sekjend Kemendesa PDTT Anwar Sanusi juga menyampaikan kalau pada Jumaat 23 Maret besok, membuka acara focus group diskusi Kebumdeasan di Hotel Mercure Padang bersama Balilatfo Kemendesa PDTT.

“Insya Allah Pak Sekjend membuka FGD tersebut Jumat besok,”ujar Febby.

Menuruy Febby Dt Bangso, spirit dan upaya-upaya telah didorong oleh Kemendesa PDTT untuk pertumbahan BUMNag di Sumbar sepert Permendesa PDTT  19 /2017 tentang penggunaaan dana desa yang didalamnya mempertegas empat program pemerintah.

“Dan Pak Menteri Eko Putro Sandjojo berharap para bupati se Sumbar ikut menegaskan dan mendorong agar Wali Nagari sungguh-sungguh mengalokasikan sebagian dana desa nya untuk modal BUMNag,”ujar Anwar Sanusi di Jakarta.(rilis: kemendesapdtt)