Kemungkinan Incumbent Berguguran, Suherman Menyodok di Dapil Sumbar I DPR RI 

oleh -363 views
Ini Suherman bakal menyodok incumbent Dapil Sumbar 1 pada Pemilu 2024. (dok)

Padang, — Awasss!!! ini sepertinya sosok yang akan menyingkirkan incumbent DPR RI di Dapil Sumbar I pada Pemilu 2024.

Seperti beberapa hari lal berita media online  tentng survey acak dirilis Tim Media ada beberapa wakil rakyat incumbent terancam kehikangan kursi empuk Senayan DPR RI di Pemiuu 14 Februari 2024.

Bahkan narasi survey acak tim media itu hanya menyebut 1 atau 2 incumbent yang akan terpilih kembali di antaranya Andre Rosiade di Dapil Sumbar 1 dan Nevi Zuairina di Dapil Sumbar 2.

Fakta survei itu, maka terbuka lebar peluang bagi pendatang baru menggantikan posisi dan merebut kursi empuk para incumbent. Gejala ini dilapangan memang mulai terlihat.

Sosok yang menyodok itu, dan kehadirannya di blantika politik Subar sangat mencolok beberapa bulan belakangan ini adalah H. Suherman. Bahkan terbaran baliho Suharman mulai marak menghiasi langit Dapil Sumbar 1.

Sosok ini uncul mendadak tapi buat kecut politisi di parlemen yaitu H Suherman, kini menjadi perbincangan bagi elit-elit politik dan juga masyarakat di kedai-kedai di banyak daerah di Dapil Sumbar 1.

Kemunculan H Suherman yang dulu pada Pileg 2019 merupakan Caleg DPR dari PKB, sekarang pindah perahu menggunakan Partai NasDem, nampaknya mulai mengalahkan popularitas sebagian anggota DPR incumbent yang miskin sosialisasi.

H Suherman diprediksi banyak surveyor mulai mengikuti jejak Andre Rosiade yang giat bersosialisai di saat anggota DPR RI lain masih “tertidur”.

Menurut pemerhati politik dirangkum Tim Media yaitu, langkah sosialisasi dilakukakn H. Suherman akan menyegel satu kursi DPR RI disamping Andre Rosiade dari Gerindra di Dapil Sumbar 1.

H. Suherman selain memasang baliho juga dikabarkan aktif membina kelompok petani dan peternak di beberapa daerah kab kota di Sumbar. Di antaranya Kabupaten Tanah Datar, Kab Solok, Kota Solok, kab Sijunjung, Padang Panjang dan lain-lain.

H Suherman jetikangagak di pemilu 2019, dia tak menghilang dari masyarakat. Malah H Suherman terjun makin intens dengan pola kemitraan petani dan peternak.

“Allhamdulillah pola ini diminati publik karena tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Hingga kini, sudah ratusan hektar ladang jagung yang dibuka dan digarap bersama masyarakat, termasuk membangun kandang ayam modern dengan pola kemitraan itu,” ujar H Suherman, Kamis 21/7-2022 kepada beberapa media di Padang.

Artinya H Suherman tidak saja membangun hubunhan instan ketika pemikz saja dengan masyarakat. Tapu pilitisi Nasdem ini menjalin hubunhan berkelanjutan dan permanen dengan konstituennya di Dapil Sumbar 1.

H Suherman juga diuntungkan dengan partai yang ditumpanginya, karena dikabarkan partai Nasdem akan mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada pemilu 2024 bersama bakal calon presiden yg lain seperti Jendral Andika Perkasa dan Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo.

Jika ternyata memang Anies yang merupakan Capres favorit urang awak yang akhirnya dicalonkan Nasdem sebagai calon Presiden. Maka diperkirakan H. Suherman akan melenggang ke Senayan.
Karena terbukti pada Pileg 2019, calon presiden akan berpengaruh terhadap perolehan suara caleg DPR RI. (***)