Kirab Pemilu 2024, Tiba di Bukittinggi

oleh -242 views
oleh
242 views
Kedatangan kirab Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh kepada KPU Kota Bukittinggi, di Pelataran Jam Gadang, Kamis 22 Juni 2023. (Sumber : Istimewa)

Bukittinggi, – Estafet perjalanan Kirab Pemilu Tahun 2024 jalur I Sumatra, tiba di Kota Bukittinggi. Kedatangan kirab tersebut ditandai dengan prosesi serah terima dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh kepada KPU Kota Bukittinggi, di Pelataran Jam Gadang, Kamis 22 Juni 2023.

Plh Ketua KPU Payakumbuh, Khairudin Fambo, menjelaskan, kirab dilakukan dengan dua metode. Pertama sosialisasi pemilu, kedua sosialisasi pendidikan pemilu. Himbauan kepada masyarakat digencarkan untuk memberikan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua KPU Bukittinggi, Satria Putra, menyampaikan, Kirab ini digelar seperti yang diamanahkan oleh KPU RI. Dimana, salah satu rangkaian kegiatan sosialisasi pada masyarakat bahwa pemilu akan dilaksanaan pada tanggal 14 Februari 2024.

Komisioner KPU Sumbar Divisi Hukum dan Pengawasan, Hamdan, menyampaikan, Kirab Pemilu 2024 ini sebagai salah satu bentuk sosialisasi dan edukasi, agar partisipasi masyarakat meningkat, untuk menggunakan hak suara dalam Pemilu serentak 2024.

Sekda Bukittinggi, Martias Wanto, menyampaikan, kirab ini menandakan pemilu 2024 tetap dilaksanakan. Pemilu 2024 juga dilaksanakan dengan sistem terbuka.

Sosialisasi dan pendidikan politik sangat penting bagi masyarakat. Prinsipnya, pemerintah kota akan terus mendukung sosialisasi kampanye pelaksanaan pemilu 2024.

Kirab pemilu 2024 di Bukittinggi akan berlangsung selama lima hari. Setelah Bukittinggi, kirab pemilu akan diserahkan ke KPU Kabupaten Tanah Datar. (***)