KPU Solok Selatan Gelar Rapat Koordinasi Penertiban APK Peserta Pemilu 2024 Di Masa Tenang

oleh -1,055 views
oleh
1,055 views

Solok Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan menyatakan, pada hari ini akhir masa kampanye dan besok pada tanggal 11, 12 13 Februari 2024 telah memasuki masa tenang yang mana seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampamye sudah harus dibersihkan

Kemudian, untuk aktivitas kampamye sudah tidak lagi pada tanggal 11, 12,13 tersebut. Hal ini disampaikan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan pemilih, Partisipasi masyarakat dan Sdm KPU Solok Selatan, Novia Syahfitri, S,Pd. ketika Rapat Koordinasi Penertiban APK Peserta Pemilu 2024 Pada Masa Tenang di Hotel Pesona Alam Sangir, Padang Aro, Sabtu (10/2-2024)

Hasil dari Rapat Koordinasi ini telah di sepakati secara bersama, untuk penertiban dan penurunan APK dilakukan mandiri oleh peserta Pemilu atau Partai Politik, jika masih ada yang tertinggal atau tidak sempat dibersihkan APK oleh Partai Politik, ini adalah urusan KPU dan Bawaslu dengan melibatkan stakeholder, apalagi jumlah APK yang terpasang sudah ada datanya sama Bawaslu.

Untuk sementara, KPU berfokus kepada pendistribusian logistik Pemilu 2024, pada tanggal 12 dan 13 Februari kotak suara sudah sampai di TPS masing-masing, Ujar,” Novia

Ade Kurnia Zelli, Pada tahapan kampanye itu berdasarkan PKPU Nomor 15 Tahun 2023 yangmana dikatakan pada tanggal 28 November sudah masuk tahapan kampanye sampai hari ini 10 Februari 2024, maka hari ini telah berakhirnya masa berkampanye bagi peserta Pemilu dan kita masuk ketahapan masa tenang, penertiban APK dimasa tenang ini tidak ada lagi aktivitas kampanye, pemasangan APK, penyebaran bahan kampanye dan aktivitas berkampanye dimedia sosial, Katanya.

Selama masa tenang, Media masa cetak, Media daring, Media sosial dilarang menyiarkan berita seperti iklan, rekam jejak dan bentuk lainnya yang berarah kampanye yang merugikan peserta Pemilu lainnya.

Lebih lanjut, Ketua KPU Kabupaten Solok Selatan, Ade Kurnia Zelli, B. Sc. ME mengatakan, pihaknya telah memonitoring di kecamatan bahkan sampai ke TPS, untuk pemberian model C kepada Pemilih yang telah mulai sejak hari Kamis kemaren oleh Anggota KPPS setempat pada hari ini telah mencapai 80%, progres ini tetap dipantau perharinya dan Dia berharap pada hari Minggu telah siap di bagikan, Kata,” Ade Kurnia Zelli, (Kampai)