Mengetuk Kepedulian Siapa Saja, Ruzil Si Tulang Punggung Keluarga tak Berdaya Dibekap Kanker

oleh -1,026 views
oleh
1,026 views
Ruzil warga Pangkalan yang selama ini menjadi tulang punggung keluarga tak berdaya dibekap kanker, butuh kepedulian siapa saja. (skt)

Bukittinggi,– Senyum pemuda 27 Tahun itu sudah tidak tampak lagi. Lebih kurang 2 bulan sudah dia terbaring di ranjang rumah sakit Achmad Mochtar, Kota Bukittinggi.

Ruzil pemuda hebat, tulang punggung keluarga harus dibantu dengan dengan alat penunjang hidup dan berbagai macam obat-obatan untuk sekedar meringankan rasa sakitnya. Miris dan membetot kepedulian banyak orang.

Awalnya hanya jamur yang berada di hidungnya, namun berubah dengan kanker yang menggerogoti tubuhnya.

20 kantong darah telah ditransfusikan kedalam tubuhnya, namun itupun masih belum mencukupi, masih kurang 10 kantong darah golongan B lagi untuk ditransfusikan ke dalam raga itu.

Ruzil sendiri merupakan anak dari keluarga yang boleh dikatakan kurang mampu dengan 3 orang saudara serta ayah yang tengah sakit-sakitan, untuk ibunya sendiri, Allah SWT sudah lebih dulu memanggilnya.

“Kasihan kita, dia tulang punggung keluarga, masih harus menyekolahkan adiknya yang baru duduk di kelas 6 SD,” ujar Sulmarni, S.A.P penjabat Wali Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota yang menceritakan kisah Ruzil, Senin 18/3-2024.

Sulmarni juga mengatakan memang untuk biaya pengobatan Ruzil ditanggung oleh BPJS dari pemerintah, namun tentunya biaya lainnya juga diperlukan untuk sekadar menyambung hidup keluarganya.

Dengan rasa kemanusiaan dan persaudaraan, apalagi Ruzil juga dikenal baik, sopan dan pandai bergaul di tengah masyarakat, Sulmarni beserta jajarannya telah mengumpulkan donasi ke rumah-rumah warga serta meminta bantuan kepada para perantau.

“Kemarin kami telah melakukan donasi ke rumah-rumah dan perantau sehingga terkumpul uang sebanyak Rp5.028.000, Alhamdulillah sudah diserahkan ke pihak keluarga,” katanya.

Tentunya uang sebanyak itu juga tidak akan mampu mencukupi semua kebutuhan Ruzil dan keluarganya, sehingga juga diharapkan bantuan dari pada para dermawan untuk sama-sama membantu Ruzil apalagi kita saat ini sedang berada di bulan yang mulia ini, Bulan Suci Ramadan yang apabila kita berbuat baik maka pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Saat ini selain masih membutuhkan 10 kantong darah, dukungan moril serta materil juga sangat dibutuhkan oleh Ruzil dan keluarga.

Bagi yang ingin membantu meringankan bebannya baik itu bantuan transfusi darah ataupun materil, silakan dihubungi nomor 0812-6625-6196/ Sulmarni/ pejabat wali nagari atau 0852-1500-8409/ Abdi Rapi/ Tokoh Pemuda Koto Alam.

“Semoga apa yang kita lakukan dapat dibalas oleh Yangmaha Kuasa, dan semoga senyum itu kembali lagi kepada Ruzil dan keluarganya, Amin Ya Robbal Alamin,” tutup Sulmarni. (skt)