Peran Penting Wanita di Dalam Organisasi?

oleh -114 views
Alya Syifa Amori (dok)

Oleh : Alya Syifa Amori

Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas

Peran Penting Wanita didalam Organisasi?

PADA masa kini perempuan tak lagi hanya sebagai pelengkap kaum laki- laki. Saat ini perempuan bisa saja mungkin lebih berperan penting dibandingkan laki- laki, perempuan saat ini juga bisa menguasai bidang-bidang pekerjaan yang pada awalnya hanya dilakukan oleh laki-laki.

Menurut saya perempuan memiliki kelebihan dalam hal kecerdasan, ketelitian, kreativitas, keuletan dan tentunya perempuan lebih bisa mengontrol emosinya, hal ini sangat bisa mengembangkan dan memajukan suatu organisasi.

Perempuan dan Organisasi merupakan rangkaian 2 kata yang tak dapat dipisahkan. Perempuan memiliki peran yang sangat penting di segala sektor kehidupan. Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut peran serta perempuan untuk kemajuan bangsa.

Hampir seluruh perempuan saat ini telah mampu memainkan peran domestik sekaligus peran publiknya di masyarakat melalui organisasi. Di Indonesia perempuan telah mendapatkan hak-hak politiknya sebelum kemerdekaan hal ini terbukti dengan adanya pengakuan terhadap kepemimpinan perempuan baik di dalam organisasi maupun pertempuran pada masa penjajahan.

Dalam organisasi perempuan memiliki peranan yang sangat strategis, study menunjukkan perempuan mempunyai peran dalam mengatur reproduksi-produksi dan kemasyarakatan dalam hal berorganisasi sedangkan laki-laki terfokus hanya pada produksi dan politik kemasyarakatan.

Kini tak sedikit organisasi-organisasi yang ada baik itu internal ataupun external kampus itu dipimpin sebagian oleh perempuan. Bisa kita lihat contoh menteri dalam negari BEM NEGARA MAHASISWA FISIP UNAND 2022 dipimpin oleh perempuan.(analisa)