Dirjen Pengelolaan Kawasan Laut Supor Habis Program Genius Garap ‘Lauik Piaman’

oleh -451 views
oleh
451 views
Wako Pariaman Genius Umar tengah eksposes meyakinkan Dirjen terkait pengelolaan laut kota pariaman, Rabu 4/3 di Jakarta. (foto: dok/ hmsprm)

Jakarta, — Dirjen Pengelolaan Kawasan Laut Kementerian Perikanan dan Kelautan, Dr Aryo Hangona mendukung Program Kota Pariaman membangun bidang kelautan dan perikanan.

Hal itu disampaikan Aryo saat pertemuannya dengan Walikota Pariaman Dr Genius Umar, Rabu 4/3 di ruang kerja Dirjen tersebut.

Wako Genius memaparkan terkait program Pemko garap lauik piaman (laut pariaman) bentuk pengelolaan dan pengembangan kawasan pesisir kota Pariaman, pengembangan kawasan Pulau Pariaman, pengembangan konservasi wisata penyu serta Pengembangan ekonomi kerakyatan kelautan.

“Intinya, kita mengusulan pada pak Dirjen program-program yang telah kita rancang untuk pembangunan dan pemanfaatan kawasan laut Kota Pariaman. Pertemuan ini sekaligus follow up pembicaraan saya dengan Menteri KKP beberapa waktu lalu,” ujar Genius.

Kata Genius, dari pembicaraan tersebut, Dirjen berjanji akan menambah atraksi wisata bahari di kawasan Pulau Angsoduo, seperti kolam renang laut terapung, arena pemancingan dan penanaman terumbu karang yang akan bermanfaat secara ekonomi.

“Kita rencanakan Program ini akan dilaksanakan tahun 2021,” ungkap Genius.

Selain itu, tambah Genius, pengelolaan penyu dengan menggunakan konsep wisata sehingga bisa dikelola oleh Pemko Pariaman.

“Dermaga di pulau ujuang akan dibangun untuk membantu pariwisata bahari kota Pariaman,” kata Genius.

Dirjen Aryo Hanggono mengatakan bahwa pemerintah fokus pada pemanfaatan kawasan laut. Karena itu, pemerintah sangat mendukung daerah-daerah yang memanfaatkan kawasan lautnya, seperti Kota Pariaman.

“Pemerintah saat ini fokus pada pembangunan kawasan kelautan. Karena itu kita sangat mendukung program kota Pariaman karena saat ini pemerintah memang fokus pada panfaatan kawasan laut untuk menambahkan incame daerah serta untuk peningkatan ekonomi kerakyatan. Dan kita lihat, Pak Wako Pariaman sangat serius untuk itu, karena itu kita akan bantu,”ujsr Dirjen. (rls: hmsprm)