Gagal, Ayo Bangun Lakukan Kerja Keras dan Kerja Cerdas

oleh -714 views
“Ricky Donals : Mulailah Bermimpi Besar”
Ricky Donals anak muda minang, pebisnis sukses Jakarta tidak pelit berbagi kiat sukses, satu musuh sangat banyak, 1000 kawan masih kurang.

MERANTAU kata yang selalu melekat di anak muda minang kalau ingin mellihat kemajuan dunia. Tapi kekinian banyak sekali ditemukan anak muda minang patah arang.

Namun begitu, ada juga anak muda minang yang mengecap sukses di tanah rantau, walau itu tak terlahir seketika, mereka tetap melewati proses, yang pernah juga terbentur pada satu kata yaitu gagal.
“Satu aja diingat, orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan, bedanya mereka cepat bangun dan mencoba lagi dengan kerja keras dan kerja cerdas,”ujar pebisnis sukses di Jakarta, Ricky Donals, Selasa 2/5 kepada media ini.
Ricky Donals waktu muda bukan siapa-siapa saat mengarungi kerasnya kehidupan ibu kota Jakarta. Tapi tekad baja pantang pulang sebelum sukses dicamkan putera asli Tanjuang Alam Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.
“Semasa kuliah di Bandung dulu, suatu ketika saya jalan-jalan ke Jakarta, melewati jalan Sudirman, ketika itu saya menumpang kendaraan umum, meto mini. Saya sengaja ambil duduk didekat jendela,  saya ingin memandang gedung-gedung pencakar langit sepanjang jalan itu, bebera kendaraan mewah  berjalan pelan seiring macetnya jalanan, terlintas saat itu mimpi dalam pikiran awak yang mahasiswa ini, suatu hari saya harus duduk di kendaraan mewah  dikendarai sopir, dan mata saya mulai memandang ke beberapa gedung tinggi, terlintas lagi di benak saya, saya harus bisa berkantor dan memimpin sebuah perusahaan di gedung itu,”ujar Ricky Donals menceritakan mimpinya dulu.
Waktu berjalan, 20 tahun setelah mimpi atau hayalan itu menjadi cambuk dia untuk menggapai tujuan hidup yang diimpikannya waktu itu.
“Karier saya peroleh, kantor demi kantor saya tempati, Allhamdulillah hari ini sampailah saya dipencapaian mimpi 20 tahun silam, kini memiliki beberapa bisnis, memimpin beberapa perusahaan, dan duduk di mobil yang pernah saya impikan dulu itu,”ujar Ricky Donals dengan seyum khasnya.
Tapi meski di puncak karier hari ini, Ricky Donals, Alumni Unpad Bandung dan SMA Negeri 3 Padang, tidak mau lengah karena persaingan bisnis dan karier setiap waktu semakin ketat dan keras.
Hebatnya lagi, Ricky yang di kampung halaman Tanjang Alam menjadi Datuk di kaumnya bergelar Datuak Paduko Marajo yang dilewakan September 2016, dia tidak pelit berbagi dengan anak-anak minang tentang kiat sukses berbisnis.
“Jangan takut gagal, jaga terus spirite fighter berusaha, gagal bukan berarti kiamat dalam hidup kita,”ujarnya.
Kata Ricky, pebisnis muda harus berani tetapkan target apa yg akan diraih. “Jangan pernah takut dalam menentukan target atau visi, karena itulah yang akan mendorong motivasi kita,”ujarnya.
Setelah target, kata Ricky Donals saatnya on-fire, yakni kerja keras dan kerja cerdas
“Kerja keras pun tidak cukup, harus diimbangi dengan kerja cerdas, bekerja dan belajarlah lebih banyak dari orang lain, lakukan setiap perencanaan sekalian dengan strategi-strategi cara pencapaiannya, lakukan selalu dengan fokus dan detail,”ujarnya.
Lalu setelah itu kata Ricky adalah Ikhlas dan selalu berbuat baik, menurutnya semua pekerjaan lakukanlah dengan ikhlas.
“Lalu jalani prosesnya dengan enjoy, tentu berbuat baiklah kepada sesama, baik dalam lingkungan kerja, sosial, keluarga dan lain lain, jangan lupa keluarkanlah zakat lebih banyak, kunci semua rejeki adalah bermanfaat bagi orang lain, dan semua lakukan dengan ikhlas tanpa berharap balasan pujian atau sanjungan,”ujarnya
Kiat lain dan penting bagi setiap pebisnis kata Ricky Donals perbanyak teman dan sahabat karena dunia bisnis kedepan berbasiskan networking.
“Bertemanlah dengan banyak orang, aset paling berharga adalah sahabat di dunia bisnis dikenal dengan networking, ingat lebih baik habis uang dari habis teman, teman akan membuka banyak peluang dan relasi, ingat satu musuh kebanyakan, 1000 kawan terasa kurang. Bertemulah setidaknya dua teman setiap hari dan berkenalan dengan satu orang baru minimal setiap hari,”ujarnya.
Ke lima kiatnya kata Ricky Donals yang dijalaninya dan bisa ditiru pebisnis muda minang yaitu selalu visioner, pikirkan hal-hal yang jauh ke depan.
“Jangan terlalu sibuk dengan memikirkan kegagalan, selalu cepat bangun kembali setiap terjadi kegagalan, semua orang sukses terlahir dari kegagalan berkali-kali,”ujarnya.
Dan membangun spirite fighter pebisnis, menurut Ricky Donals jangan mudah menyerah.
“Harus selalu berani mencoba yang lebih baik, pikirkan hal-hak yang belum terfikirkan, ciptakan hal-hal baru yang mewarnai kehidupan, peraih nobel saja, seperti Thomas Alfa Edison, dia baru berhasil dipercobaan ke 200, dan kalau dia patah arang dan frustasi saja pada percobaan ke-100, barangkali dunia akan selalu gelap gulita, selalulah kreatif dan inovatif dalam memulai sesuatu,”ujar Ricky Donals.
So, kata Ricky, Jadi bagaimana? Sudahkah anda punya mimpi besar???. (wandi)