Peran Media, Unsur Pokok dalam Mendukung Kesuksesan Daerah

oleh
Mario, ketua Aliansi Wartawan Pesisir Selatan. (foto: dok)

Oleh:

MARIO ROSY, SH
Ketua AWAPES

KEBERADAAN media atau pers sering kali dianggap segelintir orang atau pun pejabat tidak lah berpengaruh besar dalam mendukung kesuksesan suatu daerah.

Padahal media merupakan unsur pokok dalam proses membangun komunikasi. Media salah satu unsur vital sebagai perantara komunikator untuk menyampaikan pesan, menyatakan gagasan, isi jiwa atau kesadaranya dalam sebuah berita.

Media massa merupakan salah satu alat yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh sejumlah informasi. Media massa itu sendiri terdiri dari berbagai jenis yaitu media cetak seperti surat kabar, majalah, tabloid, media elektronik seperti televisi, radio dan internet.

Sebagaimana diketahui, salah satu media massa yang sarat dengan informasi perkerjanya dikenal dengan pers. Pers merupakan cermin realitas, karena pers pada dasarnya merupakan pekerja di media massa yang lebih menekankan fungsinya sebagai sarana pemberitaan.

Tugas utama pers yang utama adalah mencari berita dan berita adalah bagian dari realitas sosial yang dimuat media karena memiliki nilai yang layak untuk disebarkan kepada masyarakat.

Dikutib dari tulisan McQuail (200:102 ) bahwa “ the mass media are largely responsible for what we call either mass culture or popular culture, and they have ‘colonized’ other cultural forms in the process” (media massa bertanggung jawab atau mempunyai peran besar terhadap apa yang disebut kebudayaan massa atau budaya populer, dan dalam prosesnya media massa telah ‘menjajah’ bentuk budaya lain).

Media massa dapat merubah gaya hidup atau budaya lokal setempat, dengan cara mempengaruhi (persuade) cara berfikir suatu kelompok atau kalangan masyarakat tertentu agar menyukai atau mengikuti suatu hal yang baru atau asing bagi mereka.

Pengaruh dari media massa tersebut dapat berdampak positif baik untuk  sebuah negara maupun kesuksesan suatu daerah.

Paradigma segelintir orang dan oknum pejabat menggangap Media atau pun Pers momok atau lawan harus di hapus. Media massa salah satu bagian tidak bisa dipisahkan dalam mendukung kesuksesan suatu daerah. Karena informasi, pemberitaan, investigasi masyarakat juga pembaca mengetahui apa yang telah terjadi di daerahnya.

Media massa sebagai wadah pers dan alat komunikasi massa dinilai punya peran penting dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.
Untuk itu kalau bukan tanpa Media massa orang tidak tahu akan daerah ini, keberhasilan, prestasi, pembangunan, ataupun segala hal lainya.

Banyaknya kegiatan atau pun kesuksesan diperbuat seorang kepala daerah di daerah tidak kan bisa diketahui oleh masyarakat tanpa peran vital dari media, baik itu media cetak seperti surat kabar, majalah, tabloid dan media yang melalui proses pencetakan lainnya dan media elektronik seperti televisi, radio dan internet.

Untuk itu kita lawan bersama Kriminalisasi Wartawan, Stop Kekerasan Wartawan, dan kita dukung bersama kebebasan pers. (analisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *