Sutan Riska Hadiri Halal Bihalal APKASI-APEKSI di Kabupaten Batubara Sumut

oleh -157 views
oleh
157 views
Ketua APEKSI Sutan Riska (batik merah) hadiri halal bihalal APEKSI dan APKASI di Kabupaten Batubara Sumatra Utara, Rabu 3/5-2023. (minfo-dms)

 

Sumatera Utara,– Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, selaku Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama pengurus wilayah Sumut, gelar halal bihalal dengan Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), di Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara, Rabu 3/5-2023.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka silaturahmi Idul Fitri 1444 itu, turut dihadiri Walikota Medan, Bobby Nasution, Bupati Serdang Bedagai sekaligus Koordinator Apkasi Wilayah Sumut, Dharma Wijaya, serta sejumlah bupati dan walikota se Provinsi Sumatera Utara.

Sutan Riska di halal bihalal itu menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Bupati Batubara, Zahir, yang telah menggelar acara yang sangat strategis ini dalam rangka menjaga kekompakan Bupati dan Walikota di Sumatera Utara.

“Tentunya kami sangat berharap pertemuan ini nantinya dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama antar daerah di seluruh Sumatera Utara,” ucap Sutan Riska kepada Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan APKASI itu dan seluruh peserta yang hadir.

Sutan Riska meyakini Sumatera Utara akan menjadi Propinsi trend-setter pembangunan wilayah, mengingat sumber daya manusia dan alam yang sangat luar biasa.

“Jika seluruh kepala daerah di Sumatera Utara ini kompak, maka konektivitas di segala sektor, baik transportasi, pendidikan, kesehatan pemasaran komoditas dan lain sebagainya dapat terbangun dengan baik,” lanjutnya.

Sutan Riska juga menyinggung kesuksesan pelaksanaan Idul Fitri 1444 H tidak lepas dari peran serta kepala daerah, termasuk bupati dan walikota seluruh Indonesia. Ia mengaku mendapatkan informasi dari Bupati dan Walikota bahwa arus mudik dan arus balik di berbagai daerah berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti

“Ini artinya seluruh Forkopimda dan elemen masyarakat bergerak bersama agar masyarakat dapat berlebaran di kampung halaman dengan aman dan nyaman,” terangnya.

Dikatakannya, Presiden, Jokowi, Mendagri, Tito Karnavian dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memberikan apresiasi kepada seluruh Kepala Daerah dengan kelancaran arus mudik dan arus balik. Dengan totalitas dan kerja keras bersama arus mudik dan arus balik pertama pasca pandemi berjalan dengan lancar.

Sekaitan Hari Otonomi Daerah yang diperingati beberapa hari lalu, Sutan Riska juga meneruskan pesan Mendagri bahwa tujuan Otonomi Daerah adalah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya, yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pemerataan serta memacu terjadinya percepatan pembangunan.

“Kunci utama mencapai itu adalah terletak pada unsur Sumber Daya Manusia, terutama ASN yang bersinergitas, professional, kompeten dan dapat bekerjasama secara kolaboratif,” jelasnya.

Sutan Riska mengingatkan, jika bicara kewilayahan, untuk mencapai kemandirian fiskal maka yang terpenting adalah kerjasama daerah yang saling menghargai dan menguntungkan.

“Tentunya dengan adanya Apkasi dan Apeksi yang menaungi Bupati dan Walikota maka kerjasama itu akan semakin mudah terealisasi”, bebernya sambil membagi informasi bawa APKASI kan menyelenggarkan Seminar Nasional Undang-undang Pemerintah Daerah dalam rangka Hari Otoda 2023.

Dalam kesempatan ini pula, Sutan Riska menyampaikan dukungan penuh Apkasi dan Apeksi kepada Propinsi Sumatera Utara dan Aceh sebagai Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024. Dirinya berharap Kepala Daerah se Sumatera Utara dan Aceh dapat mensuksekseskan kegiatan nasional ini

Diakhir sambutannya Sutan Riska mempromosikan rencana penyelenggarakan Apkasi Otonomi Expo 2023, di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang. Even ini merupakan salah satu even promosi terbesar di tanah air yang mengangkat sektor Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Daerah Seluruh Indonesia.

“Kami Berharap seluruh Kabupaten di Sumatera Utara dan dengan dukungan dari Bang Bobby, Pemerintah Kota di Propinsi Sumatera Utara dapat mengikuti kegiatan tersebut,” tutupnya. (yan)