Seri MTBM Zul Evi Astar, Kinari Lumbung Padi Asli Bareh Solok

oleh -1,223 views
oleh
1,223 views
Calon DPD RI Sumbar Zul Evi Astar berdilaog dengan tokoh Nagari Kinari yang dikenal sebagai negeri penghasil padi asli bareh solok, Rabu 1/8 (dok)

Padang,— Calon DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar untuk Pemilu 2019 Zul Evi Astar Dt Asa Batuah, kembali menuturkan seri Mendekatkan Telinga ke Bibir Masyarakat (MTBM), kali ini Datuak Asa Batuah menyapa Nagari Kinari, kabarnya negeri ini penghasil padi asli Bareh Solok.

“Bersyukur pagi ini, saya didampingi Tokoh Masyarakat Koto Baru Maladi, berkesempatan bertemu dengan tokoh masyarakat Kenagarian Kinari Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok,”ujar Zul Evi Astar, Rabu 1/8.

Walaupun Zul Evi Astar harus menempuh perjalanan dua jam dari Kota Padang, tapi sampai di negeri itu lelah perjalanan pun sirna.

“Panek dijalan taubalek (penat dijalan terobati) apalagi disuguhi sarapan dengan latar belakang 626 hektar hamparan persawahan,”ujarnya.

Nagari Kinari dihuni  4.529 jiwa penduduk, saat berdialog dengan tokoh nagari Yendwiara dan Bundo Kanduang nagari Armayanis, justru kegembiraan dan kebanggaan pada Zul Evi Astar.

“Saya gembira dan bangga karena berada dan bertukar pikiran langsung dengan tokoh masyarakat yang ternyata Nagari Kinari lumbung padi asli Bareh Solok,”ujarnya.

Bareh Solok gurih dan enak telah melegenda dari dulu kala. Di Kinari ini setiap empat bulan sekali sawahnya panen, menghasilkan 3.130 Ton.

“Sungguh potensi yang luar biasa.
Potensi lain yang tidak ditemui di nagari daerah lain, makanan khas Kinari, “Silamak Pangek Pisang dan samba lado Kirai”, yang diceritakan oleh Bundo Kanduang Armayanis,”ujar Zul Evi Astar.sambil menyampaikan salam khasnya, “DAERAH KUAT – NEGARA HEBAT. (rilis: mediapartner-zea)