Jangan Kami Dilarang, Kami Ingin Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Talang

oleh -1,457 views
oleh
1,457 views

Merdeka,—Larangan tidak boleh mendaki Gunung Talang Solok kayaknya tidak mangkus menghadang tekad ratusan pendaki untuk satu tujuan kibarkan Sang Merah Putih di puncak gunung itu.

Para pencinta alam mulai berdatangan sejak Rabu sore, pendakian biasanya dimulai malam, mereka manargetkan pas detik-detik kemerdekaan sudah bisa mengibarkan Sang Merah Putih.

“Larangan ada tapi kami ingin memperingati dan memaknai Kemerdekaan Indonedka 72 tahun dengan mengibarkan merah putih di puncak Gunung Talang, mohon kami jangan dilarang,”ujar Eki, Kamis 17/8.

Ratusan pendaki seperti tidak kenal lelah untuk mencapai puncak Gunung Talang. Bahkan menurut Ruslan, juru kunci dan medis ketika di temui di Pos II Rambu VI Jorong Koto Ateh, Nagari Aia Batumbuak, tampak puluhan turis mancanegara juga ikut meramaikan pendakian merdeka.

“Mereka datang dari berbagai negara yakni Spanyol, Swiss, Portugal, Inggris, Korea, dan Jepang,”ujar Ruslan.

Mendaki Gunung Talang tak sekedar menguji kekuatan phisik, para pendaki juga dapat menyaksikan indahnya pemandangan dari empat sampai lima danau juga pemandangan Samudera Hindia, terlihat dari puncaknya, meski harus menempuh pendakian selama tiga sampai empat jam.

“Sayang, banyak pendaki mengeluh karena Gunung Talang minim fasilitas MCK, air bersih dan tempat ibadah,” ujar Ardi seorang pendaki.

Semengara untuk nyamannya pendakian merdeka malam tadi, Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin bersama Wakapolres Kompol Emanuellase bersama personil turun langsung ke lapangan untuk memantau situasi dan memberikan arahan kepada para pendaki.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Pak Wakapolres , menyiapkan tiga ambulance dan tenga medis,”ujar Yulfadri.

Juga tim BPBD, Tagana, Satpol PP dan jajaran Polres Solok juga menyiagakan anggota nya dibeberapa lokasi yang di anggap rawan dibantu oleh personil Babinsa TNI

“Kita juga kerahkan anggota bersiaga menjaga segala sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi,”ujar Kompol Emanuellase.

Akhirnya kelelahan gerobat sekolompok penndaki berhasil gelar Detik Detik HUT RI dan kibarkan Merah Putih di titik tertitnggi itu.(Afrinaldi)