Kapolda dan Wagub Sumbar Resmikan Nagari Tageh

oleh -323 views
Kapolda Sumbar (kanan) bersama Wagub Sumbar (kiri) berjalan memasuki komplek yang diresmikan menjadi Nagari Tageh Rumah Gadang Aman Covid-19, Kamis 25/6 di Padang. (foto: kominfosb)

Padang,—-Perkembangan kasus postif covid-19 di Sumbar terus mengecil dibandingkan sample swab diperiksa laboratorium setiap hari.

Tapi saat covid—9 mewabah dan Sumbar menjadi provinsi zona merah virus korona, banyak kalangan turun tangan untuk memutus rantai sebar covid-19.

Bahkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto pun berpikir bagaimana menakan laju sebar virus yang belum ada obatnya itu.

Akhirnya ide dan dijalankan bersama yaitu membuat komunitas warga terkecil mengantisipasi lingkungannya dari serangan Covid-19.

Inisiasi Kapolda Sumbar pum disambut Pemerintah Kota Padang lahirlah kawasan percontohan aman Covid-19. Kawasan itu terletak di Komplek Puri Berlindo Sumber Mas Kubu Dalam Parak Karakah Padang Timur dengan tagline “Nagari Tageh Rumah Gadang” (kawasan tangguh berada di ranah minang).

“Nagari Tageh Rumah Gadang diharapkan menjadi contoh dan ini jadi pilot project,”ujar Irjen Pol Toni Harmanto saat peresmian bersama Wagub Sumbar Nasrul Abit, Kamis 25/6 di  Kubu Dalam Parak Karakah Padang.

Nasrul Abit mengaparesiasi Kapolda Sumbar dan Pemko Padang beserta jajarannya, karena telah menciptakan nagari percontohan aman covid-19.

”Hebat nagari tageh rumah gadang ini, tak hanya antisipasi penularan covid-19 tapi juga dilengkapi dengan fasilitas keamanan, sosial ekonomi, kesehatan dan fasilitas informasi. Luar biasa ini kerja mulia Pak Kapolda,”ujar Nasrul Abit dikutip dari pres rilis Kominfo Sumbar.

Nasrul Abit memgatakan memasuki new normal sekarng, di komplek Puri Berlindo tetap menyediakan tempat isolasi, dapur umum, dan perekonomiannya juga jalan, seperti banyaknya Home Industri yang berada di Komplek Puri Berlindo.

“Ini sebuah model lingkungan aman covid-19  yang harus dicontoh untuk membuat Nagari Tageh di Kabupaten dan Kota yang lain di Sumbar,”ujar Nasrul Abit.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto menjelaskan terbentuknya Nagari Tageh ini sesuai
Instruksi Presiden serta menjawab isu-isu covid-19.

”Nagari Tageh Rumah Gadang menjalankan instruksi bapak Presiden Joko Widodo, karena sejak pandemi banyak isu di nagari tageh ini ada jawabannya,”ujar Toni.

Terutama kata Toni soal isu-isu keamanan, maka melalui kerjasama Forkompinda, Kapolres, Babinkamtibmas dibentuk Nagari Tangguh.

”Rencananya  ada 36 daerah di Sumatera Barat yang nantinya jadi kawasan percontohan. Mudah-mudahan menjadi role model di tempat lain,” ujar Irjen Pol Toni Harmanto. (koko/rilis: ryh/mmc-kominfosb)