Orasi Ilmiah Pengukuhan Guru Besar UNP Prof. Abdul Razak Usung Konsep Ekonanobioteknologi

oleh -131 views
Prof.Dr.Abdul Razak,S.Si.,M.Si. beserta istri Rista Yunelda, SSi. (doc/ms)

Padang–Universitas Negeri Padang (UNP) hari ini Senin (27/9/21) mengukuhkan 6 Guru Besar salah satunya Prof.Dr.Abdul Razak,S.Si.,M.Si. yang merupakan Guru Besar Tetap di Jurusan Biologi FMIPA Bidang  Zoologi dan Ekologi Hewan.

Acara pengukuhan  tersebut digelar dalam bentuk Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Padang yang  digelar di Auditorium Kampus Induk UNP Air Tawar Padang secara luring dan daring serta juga melalui live Youtube.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Ekonanobioteknologi: Konsep Pendekatan Pengembangan Bidang Kajian Zoologi dan Ekologi Hewan” , Prof Abdul Razak yang akrab dipanggil Boy ini menjelaskan bahwa
Istilah Ekonanobioteknologi adalah pendekatan ekologi medis (Ecology Medicine)  dan pemanfaatan ilmu dan kearifan lokal Traditional Ecology Knowledge (TEK) untuk mengolah berbagai bahan organik dalam bentuk partikel nano yang didukung  bakteri rumen sapi sebagai fermentor (aspek bioteknologi).

 Aspek Bioteknologi yang ditonjolkan berfokus pada pemanfaatan mikroba pada proses bioteknologi konvensional atau tradisional Selanjutnya, konsep pendekatan yang dituliskan Ekonanobioteknologi sangat potensial dimanfaatkan pada bidang kajian Zoologi dan Ekologi Hewan.

Misalnya, bidang Zoologi atau Ilmu Hewan memerlukan pengembangan dan pemanfaatan hewan untuk budidaya. Hewan-hewan yang naik daun saat Covid-19 ini seperti budidaya Sapi pedaging, ternak ayam potong, ayam ras petelur, ternak Ikan Lele, Ikan Nila,  tambak udang Vaname dan lain sebagainya. Konsep pendekatan Ekonanobioteknologi  Zoologi Budidaya adalah konsep yang diperlukan oleh petani,peternak dan petambak.

Selanjutnya Boy yang saat pengukuhan didampingi oleh Istri Rista Yunelda, SSi beserta 2 anaknya  Safira Amalia Razak dan Ahsanudz Zikri Muttaqien,  berharap Rektor UNP mendukung terbentuknya S3 bidang Biologi yang berorientasi pada Biologi Budaya dan pemanfaatan pendekatan Ekonanobioteknologi.

“Peluang pengembangan Nanoteknologi ke depan sangat terbuka luas, terkait hal tersebut kami di Program Studi Biologi saat ini memiliki 3 orang Profesor, yakni Pro. Dr Lufri, MS, Prof. Dr. Azwir Anhar, MSi dan saya sendiri serta 12 orang doktor dalam bidang Biologi Murni  berharap kepada bapak Rektor UNP mendukung terbentuknya S3 bidang Biologi” pinta Prof. Abdul Razak

Prof.Abdul Razak peraih penghargaan Dosen Berprestasi Kategori Sains  Teknologi Terbaik I  UNP pada tahun 2018 ini akhirnya  mengucapkan terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT telah meraih jabatan fungsional tertinggi sebagai guru besar sejak ditetapkan tgl 1 November 2021 lalu. (monsis)