Wagub Audy dan Suhatri Bur Apresiasi Pokdarwis Nagari Kasang

oleh -47 views

Batang Anai, – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dampingi kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, meninjau objek wisata pemandian alam di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, kemarin Selasa, 23 Agustus 2022.

Wagub Audy dalam kunjungannya juga didampingi kepala OPD terkait dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Dia meninjau sarana prasarana objek wisata di Nagari Kasang yang masih terbentang secara alami.

“Alhamdulillah, kita sangat berterima kasih kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Nagari Kasang dan jajaran,” kata Wagub Audy saat kunjungan kemarin.

Senada dengan Wagub Audy, Bupati Suhatri Bur sangat berterima kasih kepada Pokdarwis Nagari Kasang, karena secara bertahap telah menata objek wisata di Kenagarian Kasang ini. Dia berharap, untuk lebih diseriusi pengurusan dan penataan potensi wisatanya agar memberi manfaat pada peningkatan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

“Kita berharap pokdarwis bersama pemerintahan nagari dan masyarakat lebih fokus pada pengembangan objek wisata Nagari Kasang ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, katanya “dukungan semua pihak sangat menentukan pembangunan Nagari Kasang untuk lebih baik lagi ke depannya, sejalan dengan konsentrasi pemerintah daerah untuk mewujudkan Padang Pariaman Berjaya melalui pengembangunan destinasi wisata di Padang Pariaman,”.

Ikut hadir mendampingi Bupati Suhatri Bur, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olaraga Padang Pariaman Muhammad Fadhly, Kadis PUPR El Abdes Marsyam. Turut hadir anggota DPRD Padang Pariaman Hamardian, Wali Nagari, Ketua KAN. dan tokoh masyarakat Nagari Kasang, serta ketua Pokdarwis.

Dihubungi terpisah Ketua Pokdarwis Nagari Kasang Firman Kasmadi mengatakan, Nagari Kasang memiliki berbagai potensi wisata untuk dikembangkan. Dia menyebut, setidaknya ada 10 tempat dan potensi yang menjadi daya tarik kunjungan wisatawan di Nagari Kasang.

“Semua potensi wisata tersebut, sudah kami presentasikan dihadapan pak Wagub pada momen peringatan 17 an kemarin,” ungkap Firman saat dihubungi melalui telpon selulernya, Rabu (24/08).

Lebih lanjut Firman menyebutkan bahwa kunjungan Wagub Audy kemarin, untuk melihat secara tempat-tempat wisata yang telah dipresentasikan sebelumnya. Namun katanya, karena saat kunjungan kemarin hari hujan sehingga keinginannya belum tersampaikan.

“Namun beliau mengatakan akan menjadwalkan kunjungan kembali,” sebut.

Objek wisata pemandian alam di Nagari Kasang ada di tiga lokasi, yaitu: Kolam Renang DPR (Dibawah Pohon Rambutan), kolam renang bidadari 1, dan kolam renang bidadari 2. Disamping itu, ada puncak silaha dan Goa Bukik Kasang (GBK) yang juga menarik untuk dikunjungi.

Ada ikan larangan disepanjang Sungai Batang Kasang, tersedia juga track Jabuih Bike Park untuk arena wisata olahraga sepeda gunung. Demikian jugs dengan wisata kulinernya, ada agrowisata durian, ada kuliner khas karapuak jariang dan mangkuak putiah yang akan memanja selera pengunjung.

“Nagari Kasang juga punya Sanggar Lasuang, sebagai tempat pembinaan dan pergelaran seni budaya daerah,” terangnya mengakhiri.