Diakui Nasional, Pariaman Sah Jadi Kota Smart 2022

oleh -56 views
Walikota Pariaman Genius Umar terima pengakuan nasional bahwa Pariaman Kota Smart 2022, Kamis 1/12-2022 di Grand Sahid Jaya Hotel Jalarta. (gnr)

Jakarta, —Walikota Pariaman Genius Umar sharing dengan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Dirjen Aplikasi Informatika, Kemkominfo, Bambang Dwi Anggono tentang komitmen Pemerintahan Kota Pariaman mendorong kemajuan Teknologi Informasi dan Komukasi (TIK) serta pembangunan SPBE.

Bincang Walikota kaya gagasan ini dilakukan di sela-sela kegiatan Forum Smart City 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

“Salah satu cara untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien adalah dengan dibentuknya sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). SPBE merupakan suatu sistem tata kelola pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pada suatu instansi pemerintahan,”ujar Genius Umar dalam bincang demgan Dirjen di Kementerian Kominfo RI, Kamis 1/12-2022.

Penerapan sistem berbasis elektronik kata Genius Umar diharapkan bisa menyediakan sesuatu yang aktual dan dapat langsung diakses melalui media, khususnya bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan yang cepat dan akurat.
“Selain itu, masyarakat juga mengharapkan pemerintahan yang responsif yaitu dapat memberikan respon langsung tanpa harus melewati proses yang sulit,” ujar Genius.
Kota Pariaman sendiri pada Forum Smart City 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya itu dinobatkan sebagai Kota Smart City 2022.
“Saya mewakili Kota Pariaman mendapat penghargaan tersebut dari Kementrian Kominfo RI yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan,” ujar Genius kepada media di Padang Kamis malam ini.

Smart City bagi Pemerintah Kota Pariaman bukanlah salah satu program atau kegiatan yang dilaksanakan oleh salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
“Tetapi Smart City bagi Kota Pariaman merupakan misi ke 3 Kota Pariaman periode 2018 – 2023,” ujar Genius.

Walikota Pariaman dikesempatan ini mengucapan terima kasih kepada Kemenerian Kominfo yang telah memberikan penghargaan Smart City bagi Kota Pariaman tahun 2022 ini.

“Penghargaan ini akan menjadi pelecut semangat untuk terus berbuat guna menghadirkan Kota Pariaman yang layak dan nyaman bagi masyarakat,” ujarnya. (gns)