Ini Loh Resep Taram Jadi Juara Nasional

oleh -1.667 views
Taram happy, gerakan sato sakaki berbuah juara nasional. (foto: dok/ayh)

Jakarta,—Taram juara nasional ternyata tidak ujuk-ujuk dapat, ada satu yang mengkatrol penilaian Taram yaitu Gerakan Sato Sakaki.

Merubah lahan kritis menjadi kebun jagung yang subur, merupakan salah satu unggulan Nagari Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota. Gerakan jagung mania ini merupakan ikon, dan hasilnya sudah terbukti. Data terakhir, Nagari Taram kini menghasilkan seribu ton jagung setiap tahunnya.

Hal lain yang menjadi unggulan Nagari Taram adalah Gerakan Sato Sakaki Membangun Nagari, yaitu iuran sukarela sebanyak Rp5 ribu setiap bulan dari setiap KK di nagari terkecuali KK miskin. Dana Sato Sakaki yang dipungut berdasarkan Peraturan Nagari ini, dimanfaatkan sepenuhnya untuk petugas kebersihan dan tenaga keamanan nagari.

Keunggulan dan inovasi Nagari Taram ini cukup banyak, hingga mencapai 16 item, termasuk pemanfaatan teknologi informasi berupa pelayanan publik dalam aneka aplikasi E-Government. Karena itulah Nagari Taram meraih Juara I Regional dalam Lomba Desa tingkat nasional 2019.

“Sosok Wali Nagari Taram yang sangat inovatif, ditambah pula dukungan partisipasi yang tinggi dari lapisan masyarakat membuat Taram luar biasa. Maka sangat pantas Nagari Taram juara satu regional,” kata Kadis PMDN 50 Kota, Drs. A. Zuhdi Perama Putra, M.Si.

Prestasi Nagari Taram sebagai Juara satu regional ini mendapat piala dan piagam penghargaan dari Mendagri Tjahyo Kumolo yang diserahkan Sekjen Depdagri DR Hadi Prabowo, Kamis 15/8 malam di Discovery Convention, Ancol Jakarta.

Wali Nagari Taram Defrianto Ifkar menerima langsung hadiah itu dalam acara Temu Karya Nasional dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan 2019 yang sangat meriah.

Bersamaan dengan prestasi Nagari Taram, Bupati 50 Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP mendapat prestasi berupa penghargaan piala Upakarya Wanua Nugraha 2019. Piala ini diberikan karena komitmen dan kesungguhan Bupati Irfendi Arbi membangun dan memajukan nagari di 50 Kota secara nyata.

Kepala Dinas PMDN 50 Kota Drs. A. Zuhdi Perama Putra, M.Si menyatakan terima kasihnya kepada jajaran Wali Nagari dan perangkatnya di 50 Kota, terutama Nagari Taram, atas kesungguhan dan komitmen bersama dalam merealisasikan program untuk kemajuan nagari. “Semua prestasi yang diraih 50 Kota ini di tingkat nasional adalah buah dari kerja keras perangkat nagari bersama seluruh masyarakat,” kata Zuhdi Perama Putra. (ayh)