Pesan HM Nurnas untuk Mahasiswa

oleh -138 views
Orang piaman merantau identik dengan pandai bergaul, cerdas dan peka terhadap masalah sosial, pesan HM Nurnas kepada kader IMAPAR, Jumat 20/3 (foto: dok/nov)

Padang,—Mahasiswa harus lebih menunjukan kepekaan sosialnya, termasuk para kader mahasiswa Pariaman tergabung di IMAPAR.

“IMAPAR kedepannya harus antusias bergerak dibidang sosial sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kehidupan dan kontrol sosial kemasyarakatan dalam membangun kampung halaman,” demikian pesan disampaikan Angggota DPRD Sumbar, H. M. Nurnas saat jadi pemateri Masa Orientasi Anggota (Maota) Ikatan Mahasiswa Piaman Raya (IMAPAR), Jum’at 20/3.

“Saya lebih cenderung mengajak kader IMAPAR bergerak kedepannya untuk tidak berpolitik, namun lebih kepada kontrol sosial kemasyarakatan,”ujar H. M Nurnas

Menurut politisi senior Partai Demokrat Sumbar ini, Kader IMAPAR merupakan kaum intelektualitas yang berada dalam lingkungan kampus bertitlekan agama, harus mampu melakukan kegiatan-kegiatan positif dan berperan mengajak masyarakat memberantas permasalahan LGBT, Narkoba, Kriminal, perjudian dan hal-hal negatif lainnya.

“Kegiatan seperti itulah yang sebenarnya akan membawa perubahan dan kemajuan bagi daerah dan kampung halaman,”katanya.

Sebagai pemateri Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial, HM Nurnas juga mengatakan, tanggung jawab kader IMAPAR yaitu menghidupkan kembali surau-surau serta menjaga keutuhan adat dan kebudayaan Piaman.

“Ketika pulang ke kampung, alangkah lebih baik dilakukan wirid baik itu untuk remaja maupun untuk masyarakat. Nah disitulah nampak bahwasannya IMAPAR pionir dalam pembangunan sumber daya manusia kampung piaman kita,”ujar Nurnas.

Selain itu HM Nurnas juga sampaikan tentang tentang filosofi rantau piaman yang harus ditanamkan terus okeh mahasiswa asal Pariaman.

“Ananda sebagai orang rantau mahasiswa pariaman tentu harus mencerminkan tentang kaum muda pariaman sejak dulu sampai nanti  identik dengan kepandaiannya bergaul, kecerdasannya dalam berfikir dan peduli dengan lingkungan sekitar. Dan ikut serta dalam kegiatan positif warga sekitar,”ujar Nurnas.

Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar ini juga berharap, Mahasiswa Piaman yang tergabung dalam organisasi IMAPAR di berbagai kampus di Padang maupun yang merantau untuk bersatu membangun dan menjaga kampung halaman.(nov)