Syuryadi, Putra Sumbar Meraih Doktor di IPDN

oleh -340 views
Syuryadi Sabirin dan istri bersama Tim Penguji Doktor IPDN, Senin 4/2 di Bandung (foto: ayh)

Tidak Ada Kamus Berhenti Belajar

Bandung,—Ir. Syuryadi Sabirin, M.Si, putra Sumbar berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Senin (4/2) pagi.

Pada ujian terbuka promosi doktor yang berlangsung di Gedung Pasca Sarjana IPDN Jatinangor Bandung, Syuryadi tampil sangat mengesankan meraih IP komulatif 3,82 dengan predikat terpuji (cumlaude).

Keberhasilan Doktor Syuryadi Sabirin meraih gelar akademik tertinggi itu disampaikan langsung oleh Ketua Tim Penguji Prof. DR. Murtir Jeddawi, SH.,MH yang sehari-hari adalah Rektor IPDN.

Sedangkan guru besar yang menguji Suryadi lainnya, Prof. DR. HM. Aries Djaenuri, MA., Prof. DR. Khasan Effendy, M.Pd., Prof. DR. Tjahya Supriatna, SU., Prof. DR. Ngadisah, MA., Prof. DR. Nurliah Nurdin, MA., DR. Zeth Sahuburua, SH.,MH. (Wakil Gubernur Maluku, Penguji Eksternal), dan DR. Ds. Kusworo, M.Si.

Dalam ujian terbuka promosi doktor ini, Syuryadi Sabirin menyampaikan disertasi berjudul ‘Implementasi Kebijaksanaan Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Gugus Pulau Didukung Poros Maritim dalam Mensejahterakan Masyarakat di Provinsi Maluku’. Sebagai promotor adalah Prof. DR. Drs. Ermaya Sutadinata, SH., MS., MH., dan co promotor DR. Sampara Lukman, MA bersama DR. Reydonnyzar Moenek, M. Devt.,M.

Syuryadi Sabirin, lahir di Naras Pariaman 4 Februari 1965 adalah lulusan Fakultas Pertanian Universitas Andalas (1989) dan meraih gelar Pasca Sarjana Fakultas Sosial Politik Universitas Patimura, Ambon (2008). Saat ini Syuryadi menjabat Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Maluku, sekaligus merangkap Plt. Kepala Bappeda Provinsi Maluku sejak akhir 2018 lalu.

Ujian terbuka promosi doktor terhadap Syuryadi Sabirin ini dihadiri langsung oleh petinggi IPDN dan pejabat dari Kemendagri. Sejumlah Kepala OPD dari Provinsi Maluku dan kerabat dari Pariaman terlihat hadir. Dari keluarga adalah isteri promovendus Ir. Hj. Miranda Padang, M.Si dan ketiga putranya Emirizal Surya, Aderiza Setiadi Surya dan Adnan Triputra Surya.

Bagi Syuryadi Sabirin gelar doktor yang diraihnya ini merupakan buah dari kemauan kerasnya untuk terus menimba ilmu di sela-sela kesibukan tugasnya sebagai aparatur negara di Provinsi Maluku. Tidak ada kamus untuk berhenti belajar.

“Saya bersyukur dengan pencapaian gelar akademik doktor ini, karena gelar ini dicapai tepat pada saat hari ulang tahun saya ke-54. Alhamdulillah,” kata Syuryadi Sabirin. (ayh)