Mantappp, Nagari Panampuang Jadi Desa Mitra UNP

oleh -1,343 views
oleh
1,343 views
Nagari Panampuang di kunjungan tim dari pusat dan UNP dalam rangka menjadi Desa Mitra UNP, Selasa 3/12 (foto: dok)

Agam,—Langkah demi langkah untuk menjadi Desa Model terus diwujudkan Pemerintahan Nagari Panampuang dibawah kendali Walinagari Zulhendra, S.HI, terbukti hari ini Selasa 3/12, Nagari Panampuang dikunjungi  tim dari Direktorat Riset Pemberdayaan Masyarakat (DPRM) Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan rombongan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Padang (UNP).

Tim Direktorat PRM dipimpin DR. Dra. Isti Hidayah, M.Pd yang merupakan Reviewer DPRM Pengabdian Kepada Masyarakat dan Nadya Mardiana Rahmania, S.Kom staff Iptek bagi Masyarakat Subdit Pengabdian Pada Masyarakat Direktorat Riset Pemberdayaan Masyarakat serta Tim LP2M UNP yang terdiri dari Erizon Kabag TU LP2M dan Bulat Siregar staf LP2M UNP dan juga turut serta Tim Pengusul Tri Kurniawati, S.Pd. M.Pd dan Halkadri Fitra, SE.MM.Ak.

Rombongan disambut oleh Walinagari Panampuang Zulhendra, S.HI dan Pengurus BUMNag serta pelaku pengrajin Sulaman di Galeri Sulaman Pinjaik Patah Nagari Panampuang.

Isti Hidayah yang juga merupakan tenaga pengajar atau dosen di FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNS) menyampaikan kunjungan ini adalah survei atau reviews atas usulan yang diajukan oleh Universitas Negeri Padang (UNP) untuk menjadikan Nagari Panampuang sebagai Desa Mitra dari UNP.

“Melihat potensi yang ada yang akan dikembangkan serta kesiapan Nagari untuk menjadi Desa Mitra, dan Alhamdulilah Nagari Panampuang punya potensi untuk dijadikan Desa Mitra Perguruan Tinggi, dan kami akan bantu itu, apalagi setelah mendengar paparan dari Walinagari Panampuang yang enerjik ini,” ungkap Isti Hidayah.

Sementara Tri Kurniawati selaku tim pengusul menjelaskan, Nagari Panampuang sangat pantas untuk dijadikan Desa Mitra UNP.

“Itu makanya kami usulkan ke Direktorat Riset Pemberdayaan Masyarakat, sebelum kami telah lakukan presentasi proposal di UNP,” ujar Tri Kurniawati yang diamini Halkadri Fitra.

Walinagari Panampuang Zulhendra sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada UNP dan Direktorat RPM yang telah mengabulkan usulan dari Nagari Panampuang, serta berharap kegiatan ini akan segera direalisasikan dan menyatakan kesanggupan untuk menjalankan program ini.

“Apalagi out put dari Desa Mitra ini adalah untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Nagari Panampuang, serta akan menjadikan Nagari Panampuang sebagai Desa Model dengan Sulaman Pinjaik Patah sebagai produk unggulannya,”ujar Walinagari berharap.(rilis: pemnag-pnmp)