Kapal Bantuan Nganggur, HDI Tampung Aspirasi di Painan

oleh
Herman Darnel Ibrahim bersama tokoh masyarakat di Nagari Painan Selatan, Jumat 22/2 (foto: ayh)

Painan,—Rangkaian reses senator DR. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim (HDI) ke Sumatera Barat, Jum’at 22/02 sampai ke Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Sejumlah tokoh masyarakat di Nagari Painan Selatan menyampaikan aspirasi berupa ketidaksesuaian bantuan pemerintah pusat dengan kebutuhan masyarakat. Honor wali nagari yang kecil juga dikeluhkan, padahal saat ini beban tugas semakin tinggi.

Hal tersebur terungkap dalam dialog Anggota DPD RI Herman Darnel Ibrahim di aula Kantor Wali Nagari Painan Selatan dengan tokoh masyarakat.

Acara ini dihadiri Wali Nagari Painan Selatan Drs. Martodi, para kepala kampung, tokoh masyarakat seperti Ketua Kadin Pesisir Selatan Ramlan Jam, mantan pengurus Serikat Pekerja PLN Painan Iskandar Mirza, mantan Wali Nagari Lumpo Syafri Dodi dan beberapa orang Ketua LSM .

Seperti diungkapkan Zalman, mantan Kepala Kampung, bahwa tahun 2019 lalu masyarakat menerima bantuan kapal penangkap ikan besar, yang nilainya Rp1,3 miliar. Bantuan diperuntukkan untuk tiga nagari yaitu Carocok, Muaro dan Sungai Nipah. Namun hingga kini kapal tersebut tidak dapat digunakan karena biaya operasionalnya yang besar untuk melaut.

“Kami tidak ada biaya untuk operasional melaut, sehingga kapal itu tersandar dan sudah rusak. Untuk menjaga kapal itu saja sudah habis uang tiga nagari masing-masing Rp15 juta. Batuan kapal ini tidak cocok untuk kami. Masyarakat butuhnya kapal pompong atau kapal bagan penangkap ikan, ini yang sangat kami harapkan,” kata Wali Nagari Painan Selatan Martodi.

Selain masalah bantuan kapal, masyarakat juga mengeluhkan honor Wali Nagari dan perangkatnya yang masih kecil. Rata-rata honor Wali Nagari Rp3 juta setiap bulan. Padahal beban kerja dan kegiatan masyarakat sangat banyak, apalagi sejak kucuran dana desa ini.

“Wali Nagari itu kerjanya banyak, tugas kemasyarakatannya juga padat. Honor kami kecil tetapi undangan baralek sangat banyak dan sumbangan acara juga ada yang harus dibantu. Harapan kami naikkan lah honor wali nagari ini,” kata mantan Wali Nagari Lumpo Syafri Dodi menyampaikan aspirasinya.

Harapan masyarakat ini disambut positif oleh Anggota DPD RI Herman Darnel Ibrahim. Menurutnya, tugas senator dalam masa reses ini memang menampung aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya.

“Semua aspirasi yang muncul dalam dialog ini saya catat dan sampaikan di Komite IV DPD RI untuk diteruskan kepada pemerintah,” kata Herman Darnel Ibrahim, pakar energi yang pernah menjadi Direktur Transmisi di PT. PLN Persero. (ayh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *