Romania Siap Kerjasama dengan Indonesia

oleh
Senator DPD RI asal Sumbar Nofi Candra pimpin studi referensi Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI ke Romania (foto: mo-nc)

Romania—Romania adalah negara sumber penghasil Gandum dan jagung. Romania juga dikenal dengan peternakan sapi terbesar di eropa.

Saat ini Romania sangat membutuhkan tenaga kerja terampil dari Indonesia dengan upah minimum 2.000 Ron (8.000.000 rupiah) untuk tamatan SMA dan Sarjana 2.500 -3.000 Ron.

Hal ini terungkap pada studi referensi Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI ke Romania dan Bulgaria,. dipimpin oleh Senator DPD RI asal Sumbar Nofi Candra.

Turut bersama Nofi Aji Muhamad Mirza Wardana (Anggota DPD DPD RI Kalimantan Timur) , Ajiep Panindang (Anggota DPD RI Sulawesi Selatan), Djasrmen Purba (Anggota DPD Kepulauan Riau), Rubaeti Erlita (Anggota DPD RI Sumatera Selatan), Siska Marleni (Anggota DPD RI Sumatera Selatan) , Anang Prihantoro (Anggota DPD RI Lampung) dan dua orang staf sekretariat PPUU DPD RI ( Hary Setiyawan dan Siti Nurlodfah)

Nama ”Romania” berasal dari kata Latin ”Romanus” yang berarti” warga Kekaisaran Romawi.” Negara ini mempunyai museum tambang garam terbesar di dunia. Tepatnya berada di tambang garam tua, Turda (Salina Turda), yang berlokasi di Tranylvania.

“Kedepannya, kita bisa lakukan kerjasama dengan Romania terkait dengan teknologi penanaman gandum, jagung dan peternakan sapi. Tidak hanya itu, kita tahu bahwa Romania juga unggul dalam bidang IT. Romania membuka diri sebagai pintu masuk produk Indonesia ke negara negara lain di Uni Eropa,”ujar Dubes Indonesia untuk Romania Irjen Pol Amhar Azhet.

Romania sangat berharap bisa menjalin kerjasama dengan Daerah-daerah di Indonesia untuk dijadikan Sister city. Sampai saat ini Sudah lima Bupati dari Indonesia menjajaki sister city dengan Romania.

Dubes berharap daerah-daerah di Indonesia untuk bisa melakukan sister city dengan daerah-daerah di Indonesia terutama di bidang IT, pertanian, peternakan, tenaga kerja dan lainnya. Romania sangat tertarik dengan produk Indonesia seperti Karet, kopi, coconut, palm oil dan lainnya.

“Ayo kita manfaatkan peluang ini.
Peluang tenaga kerja, kerjasama bidang pertanian, teknologi dan lainnya menguntungkan untuk Indonesia. Tenaga kerja Indonesia terserab dengan baik. Selain itu, sektor ekspor Indonesia akan bekerja lebik baik,”ujar Nofi Candra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *