Wow Kereeenn, Kontak 119 Dokter dan Awak Medis 10 Menit Sampai ke Rumah

oleh -112 views
Walikota Padang Panjang Fadly Amran bongkar command center tercanggih di Sumbar kepada pemimpin dan redaksi ss Sumbar, Rabu 22/1 di Balaikota Padang Panjang. (foto: dok)

Padang Panjang,—-Padang Panjang konsen untuk jadi kota pelayan masyarakat, 2020 ini dua call center beroperasi.

Call 119 dan Call 112 konkritkan program Walikota Fadly Amran jadi pelayan total masyarakat Padang Panjang.

“Kontak 119 itu nomor yang fokus melayani warga yang emergency, kami mendatangi ada dokter dan medis dalam 10 menit paling lama sampai ke rumah warga yang emergency itu,”ujar Fadly Amran kepada Jaringan Pemred Sumbar (JPS) Rabu 22/1 di Comand Center Pemko Padang Panjang.

Sedangkan untuk call 112 seperti LAPOR soal keluhan dan kendala masyarakat Padang Panjang.

“Apa saja soal kendala publik service silahkan pencet 112, apa kendala baik warga air keruh, jalan rusak dan lampu jalan nggak hidup, lapor tim solusi publik service Padang Panjang segera merespon,”ujar Fadly Amran.

Terkait 119 saat uji coba respon publik sangat luar biasa, ada ornag tua sakit di rumah, kontak 119 dokter dan awak medis sampai ke rumah warga bersangkutan.

“Bahkan warga di luar Padang Panjang juga mengakses 119 tetap kita respon karena pertimbangan kemanusiaan,”ujar Sekdako Sony Budaya Putera.

119 dan 112 diresmikan rencananya kata Sony Februari bersamaan dengan launcing Command Center Padang Panjang.

Para Pemred di JPS saat menyaksikan Command Center Padang Panjang terkesima.

Wako Fadly Amran dan Sekdako Sony Budaya Putera bersama JPS di Command Center, Rabu 22/1. (foto: dok)

“Tidak menyangka kota kedil berhawa sejuk ternyata punya Command Center canggih dan high teknologi,” ujar Pemred Padang Ekspres selalu Koordinator JPS Heri Sugiarto.

Di Command Center semua tersaji mulai data anggaran dan realisasi aggaran, sampai potret geliat kota Padang Panjang.

“Hebatnya CCTV bisa menyorot wajah dan pelat nomor kendaraan warga beraktifitas di Kota Padang Panjang ini,”ujar Koordinator Kapas Isa Kurniawan.

Fadly mengatakan maindset pemerintahan sudah harus diubah kalau bisa mudah dan cepat tidak mesti dipersulit lagi.

“Pemerintah dan pemimpin di pemerintahan itu adalah pelayan tidak seperti era lalu yang menempatkan walikota, gubernur dan bupati sebagai penguasa atau raja di daerah dipimpinnya,”ujar Fadly mengakhiri temu JPS dengan makan sate Mak Syukur di Rumah Dinas Wako Padang Panjang. (rilis/iko)