Tablet Tambah Darah Penting Hindari Anemia, Mahasiswa KKN UNAND Beri Edukasi

oleh -189 views
oleh
189 views
Siswi SDN Suroboyo Nagari Lubuk Basung diedukasi Mahasiswa KKN UNAND terkait tablet pembah darah, 15 Agustus 2022. (dok)

Oleh : Nadila Fitria

Mahasiswa KKN PPM UNAND

TIM dari mahasiswa KKN-PPM Universitas Andalas Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam melaksanakan kegiatan edukasi pentingnya tablet tambah darah bagi remaja putri untuk mencegah anemia untuk siswi Sekolah Dasar di SDN 38 Surabayo.

Kegiatan ini dilakukan 15 Agustus 2022 di mana kegiatan ini menargetkan siswi kelas 5 dan 6 dengan rentang usia 11-12 tahun di mana pemberian tablet tambah darah ini menjadi penting untuk remaja putri dalam proses pertumbuhannya.

Kondisi kekurangan sel darah merah di dalam tubuh atau yang dikenal anemia bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak remaja.

Namun, dibandingkan dengan remaja putra, remaja putri memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami anemia. Salah satu alasannya yaitu remaja putri mengalami menstruasi setiap bulannya.

Kegiatan ini berhasil dilakukan melalui bimbingan dan pengawasan dari Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Ns. Lili Farjria, S.Kep, M.Biomed.

Dari kegiatan ini mahasiswa jurusan farmasi yang akan memberikan penjelasan mengenai materi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan yang bisa diterima untuk remaja putri. Setelah diberikan materi, siswi ini diberikan beberapa pertanyaan atau diminta untuk mengulang materi yang sudah disampaikan.

Yuswinarti, S.Pd. selaku kepala sekolah SDN 38 Surabayo, berharap dari kegiatan ini dapat menambah wawasan dari siswa-siswi disini diluar pembelajaran sekolah pada umumnya. Antusiasme dari siswa-siswi SDN 38 Surabayo ini cukup tinggi dimana dapat dilihat dari peran aktif saat menjawab pertanyaan yang diberikan.(analisa)